LABUHANBATU - Pengurus Karang Taruna Kecamatan Rantau Utara bersama PT Kreasi Mitra Mandiri menyalurkan dana CSR perusahaan berupa pembangunan rumah warga tidak layak huni, Jumat (27/4/2018). Yusriadi Sirait selaku Ketua Karang Taruna Rantau Utara dan juga sekaligus Direktur PT Kreasi Mitra Mandiri pengusaha di bidang properti memfasilitasi bedah satu unit rumah warga. Kali ini diterima langsung oleh keluarga kurang mampu (mantan salah satu media terbitan Medan) Firman Hasibuan, warga Titi rambe, kelurahan Silandorung, kabupaten Labuhanbatu.

"Ini adalah suatu kewajiban kepedulian yang harus kita laksanakan dengan membantu masyarakat sekitar," ujar Yusriadi Sirait.

Pada bedah rumah ini turut dihadiri Kepala Dinas perumahan Provinsi Sumatera Utara, Ida Mariana, Lurah Silandorung Mhd Kamisan Ritonga, Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu, Muhammad Rusli, sekjen Juliandi Simatupang.

Gubernur Provinsi Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi, melalui Kepala Dinas perumahan Provinsi Sumatera Utara, Ida Mariana pada saat memantau pelaksanaan CSR dan sekaligus penyerahan Kunci rumah warga secara simbolis mengucapkan selamat memasuki rumah baru kepada keluarga Firman Hasibuan.

"Mudah-mudahan rumah barunya berkah untuk ditempati," ucapnya.

"Kedatangan kami ke Labuhanbatu ini sekaligus melihat langsung program CSR yang dilaksanakan PT Kreasi Mitra Mandiri yang saat ini sedang melaksanakan proyek pembangunan pemerintah sejuta rumah. Ini adalah persyaratan yang utama, agar pihak pengelola perusahaan wajib melaksanakan program CSR," jelasnya.

Ia juga meminta kepada lurah agar mendata denah lokasi wilayah kelurahanya, agar mengajukan permohonan nama-nama warga yang memiliki tempat tinggal yang tidak layak huni untuk program bedah rumah warga tidak layak huni dan pemukiman kumuh.

"Berketepatan bedah rumah program CSR kali ini dilaksanakan oleh Yusriadi Sirait, selaku pengusaha properti Direktur PT. Kreasi Mitra Mandiri yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Rantau Utara," bebernya.

Sementara itu, Firman Hasibuan (66) mengucapkan terima kasihnya kepada Ketua Karang Taruna Kecamatan Rantau Utara, Yusriadi Sirait yang sudah membantu keluarga mereka.

"Saat ini kami dapat merasakan rumah tinggal yang nyaman. Mulai dari bangunan rumah yang permanen, listrik semuanya difasilitasi saudara Yusriadi Sirait," tuturnya.

Firman mengaku, rumah mereka dulu terbuat dari kayu batang karet. Apalagi atapnya kerap bocor dikarenakan hujan turun.

"Sungguh kami merasa tidak nyaman selama ini tinggal di rumah yang lama," bebernya.

Di sisi lain, Lurah Silandorung Mhd Kamisan menyebutkan, mewakili Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, sangat berterima kasih kepada Yusriadi Sirait yang sudah membantu warga membedah satu unit rumah warga yang tidak mampu.

"Ini adalah pekerjaan yang sangat mulia. Kami juga telah melakukan pendataan dan usulan di Kelurahan Silandorung tahun 2018. Sekitar 27 rumah warga yang kita ajukan untuk direhabilitasi yang benar-benar tidak layak huni (RTLH) melalui Dinas Perkim Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya.