PALAS - Sebanyak 115 peserta yang akan mengikuti ujian paket C berbasis komputer TP 2017-2018. Hal ini sesuai dengan jumlah peserta yang terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas. Pelaksanaan ujian diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Jumat (27/4/2018).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Abdul Rahim Hasibuan melalui Kabid PLS, Hj. Rosida Suryani Pulungan mengatakan, tahun ini peserta yang akan mengikuti ujian Paket C (Setara SMA) menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yakni sebanyak 115 orang.

"Termasuk dari PKBM Insanul Arif desa Tanjung, 50 orang, PKBM Anak Negeri Desa Pagaranbira, 6 orang, PKBM Dermawan Desa Hasahatan, 11 orang, PKBM Alogo Pulo Godang Desa Aliaga, 30 orang, PKBM Salsabila Desa Hapung, 18 orang," rincinya.

Dijelaskan Rosidah, ujian CBT berbasis website ini bertujuan untuk mempermudah akses pendidikan bagi warga belajar. Khususnya yang tidak bisa mengakses pendidikan formal karena alasan geografis serta biaya pendidikan.

"Mengenai waktu tes, diatur sesuai waktu tes berbasis kertas dan otomatis akan berhenti jika alokasi waktu telah habis," terangnya.

Sistem tes semacam ini, lanjut dia, akan membimbing bahkan mewajibkan warga belajar lebih disiplin dalam memperhitungkan waktunya.

"Hal ini berdampak terbentuknya karakter penerapan kedisiplinan terhadap warga peserta ujian," tandasnya.