PALAS - Kondisi titik di sejumlah ruas Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Kabupaten Padang Lawas dalam kondisi rusak parah. Hal ini menyebabkan tewasnya pengendara sepeda motor hingga di Desa Aer Bale, Kecamatan Sosa. Informasi yang dihimpun di lapangan, Kamis (12/4/2018), akibat jalan rusak parah yang sudah menahun di Desa Aer Bale, Kecamatan Sosa menimbulkan kecelakaan lalulintas.

Kejadian itu dialami S. Hamzah Pasaribu (60) warga Pasir Jae, saat korban mengendarai sepeda motor dengan membonceng istrinya Asrina Hssibuan (28) menuju ke Pasar Ujung Batu, sekira pukul 14.00, Rabu (12/4/2018) kemarin.

Di tengah perjalanan, tepatnya di lokasi jalan rusak di Desa Aer Bale, dirinya ingin menyalip truk tangki, tiba-tiba tergelincir dan korban jatuh ke bawah truk, tepatnya di ban belakang, sedangkan isterinya terpental ke beram jalan.

Kepala desa Aer Bale, Nismaryanto Daulay mengatakan, jalinsum yang rusak parah itu sudah bertahun-tahun tidak ada perbaikan serius, dan kini sudah sampai menelan korban. Karena itu, dirinya berharap agar pemerintah provsu segera memperbaiki jalan rusak itu.

Kepala UPTD Bina marga Gunungtua, Hasian Dasopang saat dihubungi melalui selulernya mengatakan, tahun ini beberapa titik jalan rusak di wilayah Palas, termasuk di desa Aer Bale akan mendapat perbaikan.

"Dari jembatan Aer Bale ke arah Pasar Ujung Batu sepanjang satu kilometer akan ditingkatkan, sekarang sedang dalam proses tender," ungkapnya.