TAPSEL - Untuk mewujudkan terselenggaranya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 yang damai, aman dan lancar, Polres Tapanuli Selatan menggelar tabligh akbar, Minggu (8/4/2018) di alun-alun pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel. Pelaksanaan tabligh akbar yang bertepatan dengan hari lahir (Harlah) Nahdatul Ulama (NU) ke 72, mengusung tema 'Silahturrahmi FORKOPIMDA, Raja-Raja Adat dan Keluarga Besar Polres Tapsel dengan Muslimat NU Tapsel' bertujuan mewujudkan Pilkada damai tanpa ujaran kebencian, SARA dan hoax.

Dalam tausyiah, panitia mengundang langsung ustadz Habib Ahmad Alydrus dan Hadad Alwi yang terkenal sebagai penyanyi religi untuk mengisi hiburan kepada semua jamaah yang hadir.

Pada acara ini, selain Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal dan jajarannya yang menjadi panitia acara, turut hadir Wadir Binmas Poldasu AKBP Parluatan Siregar, Kapolres Padangsidimpun AKBP Hilman Wijaya, Kaden C Brimob Sipirok AKBP Bravo Sena, wakil Bupati Tapsel Aswin Effendi Siregar, beberapa tokoh agama NU di Tapsel, Raja-Raja/Tokoh Adat Tapsel, anggota PC NU Tapsel, undangan dan ribuan warga muslim yang antusias ingin mendengarkan tausyiah dari Habib Ahmad Alydrus dan lantunan syahdu lagu religi Hadad Alwi.

Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal mengatakan, tabligh akbar ini merupakan salah satu program Satgas Nusantara Mabes Polri dan Polda Sumatera Utara yang dilaksanakan Polres Tapsel dengan tujuan meningkatkan silaturrahim ukuwah Islamiyah yang direprentasikan oleh FORKOPIMDA, Raja-Raja/Tokoh Adat dan keluarga besar Polres Tapsel dengan muslimat NU.

"Mudah-mudah kita dapat meningkatkan kewaspadaan nasional untuk memberikan semangat maupun motivasi kepada masyarakat mempererat rasa kebangsaan, semangat kebangsaan, faham kebangsaan dalam menolak dan mencegah adanya ujaran kebencian, SARA, Hoax maupun black Campain (kampanye hitam) demi mewujudkan penyelenggaraan Pilkada serentak yang damai, aman dan lancar," sebutnya.

"Ini merupakan bentuk sinergitas kita khususnya dengan tokoh agama, raja-raja/tokoh adat, tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang dapat memicu situasi kemanan, kenyamanan dan ke kondusifan khususnya wilayah Tapsel," jelas Iqbal saat diwawancarai oleh awak media.

Sementara, AKBP Parlauatan Siregar menambahkan, pelaksanakan kegiatan ini bertujuan membentuk sinergitas personel Polri dengan tokoh agama dan tokoh adat dalam melaksanakan perannya menjaga Kantibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat) untuk terwujudnya pelaksaan Pilkada serentak yang damai seperti yang kita harapkan.

"Yang melatarbelakangi ini, karena sesuai dengan pengamatan kita dalam pelaksanaan Pilkada dimana dan di wilayah manapun di Republik Indonesia ini, ada saja ganguan untuk menciptakan ganguan Kantibmas agar tidak kondusif. Oleh karena itu, melalui tabligh akbar ini, peran Polri bekerja sama dengan tokoh agama dan tokoh adat melaksanakan tabligh akbar dan anjangsana sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mengantisipasi hal-hal itu (yang dapat mengganggu Kantibmas). Jadi diharapkan agar masyarakat terkonsentrasi dengan apa yang dibuat oleh Polri saat ini," ucap Wadir Binmas Poldasu ini.

Disela-sela acara, Kapolres Tapsel bersama jajarannya juga menyempatkan menyanyikan sebuah lagu berjudul 'Anti Hoax' yang dikarang oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpau.