SERGAI - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus berupaya mendorong pengembangan berbagai potensi daerah terutama sektor pertanian yang selama ini memang sudah menjadi program prioritas pemerintah daerah setempat. "Serdang Bedagai memiliki potensi yang sangat banyak diantaranya memiliki lahan persawahan yang sangat luas," kata Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Serdang Bedagai Ikhsan, AP di Seirampah, Minggu (8/4/2018).

Dengan areal persawahan yang sangat luas tersebut, Serdang Bedagai telah berhasil mempertahankan sekaligus mendukung swasembada pangan nasional serta menjadi salah satu lumbung beras di Provinsi Sumatera Utara.

Surplus beras dari tahun ketahun juga terus meningkat, salah satunya adalah keberhasilnnya membudidayakan padi organik serta berhasil menjalankan Gerakan Sawah Mandiri serta mendongkrak perekonomian para petani.

Terdapat dua kelompok tani yang telah berhasil membudidayakan padi organik yaitu Kelompok Tani Fajar Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu dan Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan.

Kedua kelompok tani itu berhasil dengan berbagai terobosannya dan hasil panen berupa beras organik dengan lebel "Sri Wangi" mampu menembus pasar modern di Kota Medan.

Keberhasilan ini mencuri perhatian dari media besar yang ada di Indonesia dan memberikan anugerah kepada kepala daerahnya.

Tak hanya itu lanjut Ikhsan, di Kabupaten Serdang Bedagai juga terdapat pengrajin ikan lele asap yang sudah terkenal yang berada di Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan dimana produknya juga telah mampu memenuhi permintaan para konsumen hingga keluar Sumatera Utara.

"Beras organik hingga ikan lele asap, keduanya telah mampu memenuhi kebutuhan pangan Serdang Bedagai bahkan dapat disalurkan hingga keluar daerah," katanya.

Berbagai keberhasil teraebut, membuat Bupati Serdang Bedagai menerima penghargaan Government Award Tahun 2018 dengan kategori "katahanan pangan dari Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Penghargaan itu merupakan apresiasi dari media Sindo Weekly dan hanya diberikan kepada daerah terbaik atas inspiratif dan kerja keras para kepala daerahnya yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan pikirannya terhadap pengelolaan potensi daerahnya.

Sedangkan metode penilaiannya dilakukan melalui riset dari berbagai referensi dan selanjutnya melakukan observasi lapangan.

Atas keberhasil menerima penghargaan tersebut, Bupati Serdang Bedagai Soekirman mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait yang telah dilakukan mendukung program dan kegiatan di pemerintahannya terutama dalam hal mempertahankan ketahanan pangan.

Penghargaan itu diharapkan akan meningkatkan motivasi bagi jajaran Pemkab Serdang Bedagai untuk terus bekerja keras demi mewujudkan visi dan misi daerah sehingga dapat mencapai kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya serta bisa menjadi motivasi bagi derah lain untuk meningkatkan kinerjanya dan mencapai prestasi.