PALAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menargetkan partisipasi pemilih di pesta demokrasi Pilkada dan Pilgubsu mencapai 82 persen pada 27 Juni 2018 mendatang.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Palas Divisi SDM dan Parmas Amran Pulungan, Kamis(29/3/2018)di Sibuhuan

Kata Amran, target tersebut merujuk pada partisipasi pemilih pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 yang lalu.

Sesuai data dan rekapitulasi, katanya, partisipasi pemilih pada Pileg 2014 lalu mencapai angka 82 dari jumlah 153.850 pemilih. Berdasarkan data tersebut, ditargetkan pada 2018 ini, partisipasi dapat meningkat atau tetap sama dengan tahun 2014 lalu.

Dia menambahkan, pihak KPU Palas mulai dari tingkat PPS, PPK, terus melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, pemilih umum, dalam meningkat partisipasi pemilih agar tidak terjadi golput.

"Bentuk sosialisasi yang dilakukan antara lain, penyebaran spanduk, umbul-umbul yang isinya ajakan memilih dan mengingatkan untuk segera mengurus e-KTP agar memiliki hak pilih pada 27 Juni 2018 sebagai kedaulatan rakyat," sebutnya.

Selain itu, sambung Amran, pihaknya juga melakukan penyebaran bahan sosialisasi seperti spanduk, baliho, brosur sebagai ajakan pemilih untuk dapat memilih pada 27 Juni 2018.

Kemudian, KPU Palas secara gencar terus mensosialisasikan kepada masyarakat ajakan untuk menggunakan hak pilihnya melalui media sosial facebook, WhatsApp (WA). Ini dilakukan di semua tingkatan mulai dari tingkatan PPS, PPK, maupun KPU Palas.

“Penyebaran informasi kepada publik melalui media sosial, bertujuan menggugah peran serta masyarakat untuk berpartipasi mensukseskan Pilgubsu dan Pilkada," pungkasnya.