PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padang Lawas melaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten bagi siswa SMP. Pelaksanaan OSN secara serentak di lokasi SMPN 1 Lubuk Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun, Minggu (25/3/2018) diikuti sebanyak 108 siswa dari utusan 36 sekolah.

Kabid Dikdasmen Disdikbud Palas M. Rasyidi Hasibuan mengatakan, pelaksanaan OSN ini bertujuan untuk menelusuri minat dan bakat siswa-siswi SMP terhadap beberapa bidang study yang berhubungan dengan sains.

Disamping itu, katanya, tujuan lain dari OSN ini yakni sebagai persiapan dalam menghadapi OSN SMP Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada 21 April 2018 mendatang di Medan.

"Ada tiga bidang study yang di perlombaan di OSN SMP ini antara lain bidang study matematika, IPA dan IPS," terangnya.

Peserta yang seleksi perlombaan merupakan siswa berprestasi utusan 3 orang per sekolah mewakili per bidang study.

"Bagi siswa yang berhasil menjadi juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing bidang study yang diperlombakan, akan menjadi utusan Disdik Kabupaten Palas di ajang perlombaan OSN tingkat Provinsi Sumut," sebut Rasyidi.

Dia pun mengharapkan agar siswa yang telah berhasil di OSN Kabupaten, untuk tekun dan giat belajar sebagai persiapan diri menghadapi utusan Kabupaten lain se Sumut nantinya.

Kata dia, para juara OSN nanti akan terus dimotivasi agar memiliki kepercayaan diri untuk menunjukan kualitas dan kuantitas sebagai siswa beprestasi yang nantinya dapat mengharumkan Kabupaten Palas di kancah OSN Provinsi Sumut.

Sebelum mengakhiri pembicaraan, untuk para juara OSN SMP hasilnya akan diumumkan pada Senin(26/3/2018) besok di kantor Disdikbud Palas.