MEDAN - Nama yang disodorkan untuk pendamping Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 semakin bermunculan. Salah satu yang dinilai pantas menjadi wakil Jokowi nanti yakni sosok sarat pengalaman, Idrus Marham. "Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono bertekad mengajukan kader Partai Golkar sebagai Cawapres mendampingi Capres Jokowi pada pilpres 2019. Ini harus direspon positif seluruh jaringan kekuatan Partai Golkar, utamanya DPP Partai Golkar. Dan saya merespon ini dengan menyatakan bahwa Idrus Marham layak menjadi Cawapres mendampingi Pak Jokowi di Pilpres nanti," kata Wakil Ketua Golkar Sumut Rolel Harahap, Sabtu (24/3/2018) di Medan.

Rolel menilai dimajukannya nama Idrus Marham tersebut bukan tanpa alasan. Selain saat ini sebagai Menteri Sosial, Idrus Marham merupakan politisi yang kenyang pengalaman berorganisasi.

"Idrus Marham seorang Nadhliyin tulen, pernah menjadi Ketua Umum KNPI, BKPRMI dan LPM. Dan yang paling penting, beliau clear dengan persoalan hukum," kata Rolel yang juga Ketua Ikatan Alumni KNPI Sumut tersebut.

Latatbelakang tersebut dinilai mampu menjadi pelengkap Presiden Jokowi nanti.

"Dan nama yang disodorkan itu (sebagai Cawapres Jokowi) harusnya bukan yang numpang tenar di belakangan nama Jokowi. Tapi harus mampu menutupi kekurangan yang ada," imbuh Rolel.

Pertimbangan lainnya, sambung Rolel, sosok Idrus Marham mampu mensolidkan dukungan kader, anggota, simpatisan dan pemilih Partai Golkar kepada Jokowi yang telah sejak awal dicapreskan Partai Golkar, mandahului parpol lainnya.

"Meskipun pencapresan Jokowi oleh Golkar tanpa syarat, tapi untuk keperluan soliditas, DPP Partai Golkar berkewajiban mengusahakannya," kata Rolel.

Dan yang penting lagi, Idrus Marham tokoh luar Jawa junior Jusuf Kalla yang merupakan kader ideologis Partai Golkar. Telah teruji sebagai Sekretaris Jendral DPP Partain Golkar yang tetap loyal kepada beberapa Ketua Umum Partai Golkar sebagai atasannya.

Untuk itu, Rolel mempersilakan DPP Partai Golkar mengusulkan beberapa kader untuk diusung sebagai Cawapres ke Jokowi.

"Saya menilai, hubungan kedekatan antara Pak Jokowi dan Idrus Marham yang selama ini terjalin menjadi salahsatu poin penting," katanya.

Bagaimana dengan popularitas Idrus Marham?

Menjawab hal itu, Rolel menggarisbawahi popularitas Idrus Marham sangat kuat. Selain dekat dengan pemuda dan berwatak milenial, popularitas Idrus Marham juga tak diragukan dalam hal pemberitaan di media massa.

"Idrus Marham malah lebih sering muncul di media. Tinggal menggodoknya dengan elektabilitas. Saya yakin kalangan tua muda mampu menerima sosok Idrus Marham," ujar Rolel.