LABUHANBATU - Kodim 0209/LB melakukan pemeriksaan urine secara mendadak terhadap jajarannya. Pengecekan setiap tiga bulan sekali ini merupakan upaya tetap TNI dalam membersihkan serta pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). "Ini merupakan kegiatan rutin setiap triwulan. Pengecekan atau tes urine ini merupakan program dari komando atas untuk bersih-bersih terhadap Narkoba," ungkap Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin melalui Kasdim Mayor Inf Ertiko Cholifa, Jumat (23/3/2018) di Aula Makodim setempat.

Konteks pemberantasan inipun, merupakan komitmen TNI, baik melalui internal maupun eksternal. Bahkan, Dandim 0209/LB pernah menyatakan, bagi personel TNI yang terlibat, tidak ada istilah direhabilitasi, apabila ditemukan langsung diberhentikan dengan tidak hormat.

"Kalau ada personil Kodim yang terlibat narkoba, dipecat! tidak ada istilah di rehab," tegas Letkol Czi Denden Sumarlin.

Dalam kegiatan tes urin tersebut diikuti sebanyak 150 prajurit Kodim 0209/LB dan PNS, tampak hadir Para perwira Staff serta jajaran Danramil se-Kodim setempat.