JAKARTA - Petinju Indonesia, Ilham Loeisa berjanji menganvaskan lawannya Paiboon Larkham dari Thailand dalam perebutan gelar juara WBC ABCO Silver kelas ringan super yang menjadi bagian dari gelaran Mahkota Boxing Super Series 2018 yang berlangsung di Cilandak Town Square, Sabtu (10/3).

Mahkota Boxing Super Series akan menggelar dua partai di kelas bulu (57,1kg) dan dua partai di kelas terbang ringan (48,9kg), serta dua kejuaraan internasional WBC ABCO Silver yang akan mempertemukan petinju Indonesia dan petinju Thailand.

Dengan rekor tujuh kali menang, dengan enam kali kemenangan KO, sekali kalah, dan sekali seri,Ilham sangat optimis bisa mengalahkan lawannya yang jauh lebih berpengalaman.

“Saya berlatih keras setiap hari dan saya akan memukul jatuh lawan saya pada pertarungan nanti. Saya sudah melihat video pertarungan Paiboon dan saya yakin bisa memetik kemenangan,” ujar Ilham saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Tak hanya itu, petinju yang juga seorang prajurit TNI Angkatan Udara ini memiliki postur yang lebih tinggi dan jangkauan yang lebih panjang daripada Paiboon. Ia pun sudah tak sabar untuk kembali ke ring karena sudah setahun tidak naik ring. 

Ilham terakhir kali naik ring saat mengalahkan Sutriyono dalam perebutan gelar kelas ringan super versi KTI di Jakarta, April tahun lalu. Janji dari Promotor Raja Sapta Oktohari yang akan memberikan bonus Rp 5 juta untuk setiap KO yang dilakukan petinju Indonesia juga menjadi dorongan semangat.

Mendapat ancaman dari petinju tuan rumah, Paiboon tak gentar. Dia juga mengatakan bahwa dirinya optimis bisa meraih kemenangan di depan publik Jakarta.

“Saya akan mengeluarkan kemampuan terbaik saya untuk menang. Walaupun dia unggul postur, tapi saya lebih berpengalaman. Saya sudah pernah bertarung di berbagai negara, menghadapi berbagai macam lawan. Saya akan jatuhkan dia sebelum ronde lima,” kata Paiboon, yang memiliki rekor 18 kali menang (7 KO) dan sembilan kali kalah.

Pada partai utama lain, Hebi Marapu akan berhadapan dengan Puttiphong Rakoon untuk memperebutkan gelar juara kelas ringan versi WBC ABCO Silver. 

Sementara itu, Mahkota Boxing Super Series akan meggelar total empat partai. Di kelas bulu (57,1kg), Ongen Saknosiwi akan menghadapi Ramadan, Abdi Teger akan menantang Raymond Kundimano. 

Di kelas terbang ringan (48,9kg), Hisar Mawan akan berhadapan dengan Frengky Rohi, dan Silem Serang akan beradu dengan Tyson Marganti Lahagu.

Penata tanding internasional, Urgyen Rinchen Sim mengatakan bahwa gelaran Mahkota Boxing Super Series ini diharapkan bisa memacu gairah tinju profesional di Indonesia dan menjadi wadah agar bakat tinju profesional baru bisa bermunculan.

“Mahkota Boxing Super Series tahun ini akan berlangsung dalam empat seri. Berikutnya kami merencanakan untuk menggelar kegiatan ini di Bandung, Surabaya, dan Bali sebagai puncaknya. Kami berharap gelaran ini bisa membuat tinju profesional di Indonesia kembali bergairah,” ucapnya.

Pemenang di partai pada tiap kelas di seri pertama Mahkota Boxing Super Series akan saling berhadapan di seri berikutnya hingga di dapat satu pemenang di setiap kelas. Mereka akan mendapat kesempatan bertarung di tingkat internasional.

Gelaran Mahkota Boxing Super Series akan berlangsung di Cilandak Town Square dengan gelaran Rookie Fight sebagai pembuka, dilanjutkan dengan partai debut. Setelah itu, partai Mahkota Boxing Super Series akan berlangsung dan partai internasional menjadi puncak gelaran ini. ***