SAMOSIR - Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Samosir menyalurkan bantuan terhadap warga yang mengalami bencana dalam kunjungannya ke beberapa titik longsor yang terjadi pada 21 Februari lalu. 


Bantuan berupa berbagai bahan pangan dan bahan pokok diserahkan oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati, Juang Sinaga terhadap warga yang mengalami musibah.

Pemberian bantuan itu juga diselingi dengan monitoring sekaligus langkah langkah pembenahan yang dilakukan pemerintah terhadap daerah daerah rawan bencana.

Salah satu daerah yang dikunjungi pemerintah yakni Desa Rinabolak di Kecamatan Onan Runggu. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang mengalami longsor dan banjir dan dampak luapan air hujan membuat pertanian di Desa Rinabolak rusak parah.

Bantuan pun diterima langsung oleh warga yang dipusatkan di halaman Gereja HKBP lama Dusun I Desa Sitinjak Onanrunggu. Bantuan yang bersumber dari Anggaran APBD TA 2018 bersumber dari Dinas Sosial Kabupaten Samosir.

Selain memberikan bantuan, alat berat milik Pemkab Samosir juga terus bekerja dan menata lahan lahan yang diterjang longsor.

Dalam keterangannya, Bupati Samosir menyampaikan, terdapat beberapa titik bencana yang terjadi di Kabupaten Samosir. Diakuinya, intesitas hujan yang tinggi menjadi penyebabnya. 

"Banjir dan longsor terjadi di beberapa daerah baik di Nainggolan, Onan Runggu, Simanindo dan Palipi. Semuanya  sudah ditangani dengan baik," katanya.