LABUHANBATU - Sebanyak 279 rumah warga yang terletak di Desa Emplasmen dan Desa N4 diterjang banjir akibat hujan deras mengguyur daerah sana hingga menyebabkan meluapnya sungai Tarihoran, Kamis (1/3/2018). Adapun dusun yang terdampak dalam peristiwa ini yakni Dusun Setia Warga Bawah, Dusun Lorong Tengah, Dusun Kampung Toyib dan Desa N4 Afd 4 Kebun Aek Nabara Utara Jalinsum Aek Nabara, Rantauprapat.

Selain hujan deras, banjir ini juga diakibatkan adanya banjir kiriman dari hulu sungai sehingga sungai Tarihoran tidak sanggup menerima debet air sehingga menyebabkan rumah warha kebanjiran dengan ketinggian mencapai setengah hingga satu meter.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Labuhanbatu H Sofyan Hasibuan menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, diperkirakan perabotan - perabotan rumah tangga milik warga mengalami kerusakan.

"Saat ini kita tengah mencari solusi agar peristiwa ini tidak terulang lagi. Nanti kita akan undang masyarakat, muspika, dan pihak perkebunan untuk membahas ini," jawab Kaban BPBD.

Begitupun, sebut Sofyan, untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan informasi dan komunikasi publik terkait info bencana, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bekerjasama dengan PT. Telkom Rantauprapat dengan meluncurkan Call Centre di Nomor 0624-2600999 atau dapat menghubungi Kepala Pelaksana BPBD Labuhanbatu H Sofyan Hasibuan.