LABUHANBATU - Ribuan masyarakat etnis Tionghoa dan Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu menghadiri perayaan Cap Go Meh, Jumat (2/3/2018) malam kemarin di Vihara Budha Jayanti, Jalan Gatot Subroto, No 12-14 Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu. Tampak hadir Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Bupati Labuhanbatu, H.Pangonal Harahap, dan Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin, Ketua Ketua PC Indonesia Tionghoa (INTI), DR HC Sujian/Acan, dan Sekretaris Etnis Tionghoa Joni.

Acara ini dimulai dengan Pawai Liontin oleh siswa Buddha Jayanti dengan rute jalan Gatot Subroto, Sudirman, Diponegoro, Ahmad Dahlan, Gatot Subroto, tari tarian tradisional dan dilanjutkan dengan acara makan bersama.

Ketua Yayasan Budi Agung yang juga sebagai Ketua PC Indonesia Tionghoa (INTI), DR HC Sujian/Acan sekaligus mewakili masyarakat etnis Tionghoa, menjelaskan, kegiatan ini berkaitan erat dengan pesta perayaan datangnya musim semi yang dimulai pada 30 bulan ke-12 dan berakhir pada 15 bulan pertama atau yang lebih dikenal dengan istilah Cap Go Meh.

Perayaan Imlek meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta/Thian (thian=Tuhan dalam Bahasa Mandarin), dan perayaan Cap Go Meh.

"Tujuan dari sembahyang Imlek adalah sebagai bentuk ucapan syukur, doa dan harapan agar di tahun depan mendapat rezeki yang lebih banyak, untuk menjamu leluhur, dan sebagai media silaturahmi dengan keluarga dan kerabat," jelasnya.

Acan juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang serta Dandim 0209 LB Letkol CZi Denden Sumarlin, Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap beserta seluruh jajarannya yang sudah datang langsung memenuhi undangan mereka.

"Kami dari panitia dan seluruh masyarakat etnis Tionghoa sangat berterimakasih kepada Bapak Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido dan Bapak Dandim atas pengamanannya selama perayaan Imlek sampai berakhirnya malam ini perayaan cap go meh ini, kami merasakan suasana aman dan kondusif," tandasnya.