JAKARTA - "Woy! Ngopi Apa Ngopi, Ngopi Yuk!" Kalimat itu pasti sering kalian dengar. Kata kopi belakangan ini memang familiar banget di beberapa akun youtube, instagram dengan berbagai versi.

Tapi, kalian tahu enggak sih ternyata di Indonesia terdapat beragam jenis kopi yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia. 

Bahkan, salah satu jenis kopi di Indonesia pernah menjadi kopi terbaik di dunia. Bukan cuma terbaik, ada juga yang masuk dalam daftar kopi termahal. Wow, enggak nyangka ya?

Dikutip dari situs Crikom, berikut ini jenis-jenis kopi asal Indonesia yang jadi incaran pecinta kopi di dunia khusus untuk kamu.

1. Kopi Luwak.

Kopi yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu kopi terfenomenal di Indonesia. Disebut fenomenal karena harganya yang cukup mahal, yakni dibandrol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan per 500 gram. Selain mahal, proses untuk mendapatkan kopi ini juga terbilang menarik.

Biji kopi harus dimakan terlebih dahulu oleh hewan Luwak. Kemudian, kotoran Luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna diambil. Banyak yang percaya kalau proses fermentasi biji kopi oleh Luwak menjadikan rasa kopi ini menjadi lembut dan memiliki cita rasa khas tinggi. Kopi mahal ini banyak dijumpai di kedai-kedai kopi di Negara Paman Sam.

2. Kopi Toraja

Kopi ini memiliki julukan Kopi Para Dewa, kopi yang tumbuh di dataran tinggi Pulau Sulawesi, tepatnya di daerah Toraja. Hebatnya lagi, Toraja dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Arabika terbaik di dunia. 

Kopi Toraja terkenal dengan rasanya yang 'earthy' dan memiliki kandungan asam yang rendah. Masyarakat Jepang dan Amerika Serikat sangat menggemari kopi ini, Guys. Katanya sih, kalau sudah menyeruput kopi ini, rasa pahit yang terkandung dalam kopi akan hilang. Masa sih? Mending dicoba aja deh!

3. Kopi Gayo

Kopi ini merupakan jenis kopi Arabika yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh yang telah berkembang sejak tahun 1908. Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas.

Ini terbukti Kopi Gayo pernah beberapa kali meraih penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia. Meski krisis di Eropa, namun tidak mengurangi permintaan di pasar dunia. Negara tujuan terbesar ekspor kopi dataran tinggi Aceh ini meliputi Amerika Serikat dan Uni Eropa.

4. Kopi Jawa

Kopi yang masuk dalam jenis kopi Arabika ini juga cukup terkenal di dunia, Guys. Produksi kopi ini dimulai pada masa pemerintahan kolonial Belanda pada abad ke-17. Di Inggris, kopi ini diberinama 'Java Arabica'. 

Kopi ini diperoleh dari salah satu perkebunan Gunung Ijen dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Rasanya manis nan lembut membuat kopi Jawa masih memiliki peran sebagai produsen kopi terbesar di dunia.

5. Kopi Wamena

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari dataran subur di tanah Papua, yaitu Wamena. Banyak yang bilang, Kopi Wamena ini adalah kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Memiliki rasa manis di lidah, aroma yang harum serta bertekstur halus.

Para penikmat kopi menjajarkan Kopi Wamena ini dengan Jamaica Blue Mountain, kopi Arabika asal Jamaica yang menjadi salah satu kopi mahal di dunia. Kopi Wamena pun telah diekspor ke berbagai negara di dunia seperti, Amerika Serikat, Singapura, Jepang dan Australia.

Nah, ulasan di atas hanyalah beberapa jenis kopi yang terkenal di dunia. Masih banyak lagi loh, kopi Indonesia yang terkenal di dunia seperti Kopi Lanang, Kopi Kintamani, Kopi Sidikalang, Kopi Preanger dan beberapa kopi lainnya. Kamu sudah cobain kopi-kopi tersebut belum? ***