LABUHANBATU - Dalam rangka peningkatan tata kelola Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Koordinator Kopertis Wilayah I Sumatera Utara mengadakan workshop peningkatan tata kelola PTS agar semakin meningkat dan berdaya saing dengan perguruan tinggi, baik negeri ataupun swasta. Dengan begitu, PTS menjadi banyak incaran para lulusan sekolah menengah, baik di Pulau Sumatera ataupun di luar Sumatera.

"Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelatihan kepada para penyelenggara untuk meningkatkan mutu, baik akademik mapun non akademik sehingga menghasilkan para lulusan sarjana ataupun diploma yang siap pakai di dunia kerja," ujar Wakil Ketua I STIH, Sriono SH.MH, Kamis (22/2/2018) ketika dihubungi via selulernya.

Pada workshop tahap I yang diselenggarakan di Hotel Four Points Jalan Gatot Subroto Medan pada tanggal 21-22 Februari 2018 ini, diundang 100 PTS yang ada di bawah naungan Kopertis Wilayah I sebagai penguatan PTS untuk semakin meningkatkan tata kelola, dari yang baik menjadi lebih baik lagi.

"Pesertanya terdiri dari 18 universitas, 4 institut, 35 sekolah tinggi, 37 akademi dan 6 politeknik dari berbagai daerah yang ada di Sumatera Utara termasuk STIH Labuhanbatu," ungkap Sriono.

Dalam workshop ini, imbuh Sriono, ditegaskan bahwa pengelolaan perguruan tinggi saat ini harus berbasis akreditasi. Sebab, sistem pengelolaan perguruan tinggi terhadap keluaran atau hasil dari sistem pengelolaan itu adalah akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sehingga dengan pengelolaan perguruan tinggi yang baik dan benar harus berbasis akreditasi dengan diawali komitmen yang tinggi dari yayasan pengelola perguruan tinggi.

Saat ini, Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Universitas Labuhanbatu sedang berupaya meningkatkan akreditasinya.

"Pengelolaan STIH Labuhanbatu sudah cukup baik selama ini. Apalagi tiga orang alumni STIH Labuhanbatu sekaligus lulus sertifikasi menyandang gelar dosen profesional bidang ilmu hukum seperti Nimrot Siahaan SH, MH, Elviana Sagala SH, MH, dan Maya Jannah, SH, MH," jelasnya.