MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) terus meningkatkan kualitas pendidikannya, untuk diakui secara global. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar kegiatan workshop dan seminar Training of Trainer Percepatan Universitas/Fakultas/ Program Studi Masuk Dalam QS Ranking. “Kegitan ini didukung juga oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Teknik USU. Di mana USU ingin meningkatakn kualitasnya menjadi universitas yang di akui secara global. Ini adalah niat yang mulia. Kami dari alumni menjadi salah satu syarat menuju ranking dunia itu dan menjadi kontribusi alumni, untuk itulah kami berkontribusi dalam 3 tahun terakhir ini dengan membuat kerja sama dengan universitas luar negeri,” kata Prof Dr-Ing.Ir. Darwin Sebayang selaku Ketua Panitia kegiatan workshop dan seminar yang digelar di Ruang Senat Akademik Biro Rektor USU, Kamis (22/2/2018).

Dalam kegiatan ini diharapkan kepala program studi yang turut serta dalam seminar ini kelak akan menjadi pelatih berikutnya di perguruan tinggi lainnya.

“Namun, untuk sementara ini kita buat yang dari alumni untuk menyusun kurikulum dan akreditasi dan semoga bermanfaat. Ada dua harapan kita akreditasi meningkat baik program studi maupun institusi dan masuk ranking kelas dunia tadi,” ujarnya.

Untuk saat ini, sambungnya pihaknya memikirkan bagaimana menyusun kurikulum dan bagaimana mempublikasikan karya ilmiah itu menjadi dampak yang sangat tinggi.

“Saat ini pembicara di dalam kegiatan ini ada dua yakni Alumni USU yang telah mengenbara kemana-mana yang kini berprofesi di Universitas Mercu Buana dan alumni ini jangan dilihat universitasnya ya tapi kepakaran individualnya itu sudah tinggi. lalu satu lagi dari Kyung Hee University South Korea. Dan, seminar ini berbeda dari yang lain mulai dari wawasan, gagasan sampai eksekusi di laksanakan dalam seminar ini,” tutupnya.