PALAS - Bupati Padang Lawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) memberikan bantuan pembangunan Masjid Al-Mukhlishin yang terletak di Lingkungan VII Batang Taris, Kecamatan Barumun, Kamis (8/2/2018). Hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Palas H Thamrin Harahap, dan Hj Irinka Rahmawati, Kepala Dinas Sosial Palas Bustami Harahap, Tokoh Masyarakat Palas H Marahadi Hsb, Tokoh Agama H Abdul Hamid Lubis, Ketua Gapensi Palas H Imran Saleh Siregar, Ketua PP Palas H Nukman Hrp, dan Tokoh masyarakat Palas perantauan H Bahder Lubis.

Ketua Badan Kemakmuran Masjid Al-Mukhlishin, Sarwedi mengatakan, rehabilitasi pembangunan masjid sudah terlebih dahulu dimusyawarahkan dengan tokoh masyarakat di Lingkungan VII Pasar Sibuhuan. Hasilnya, seluruh masyarakat setempat sepakat untuk bersama-sama merenovasi masjid.

“Proses rehabilitasi masjid melalui musyawarah hanya sampai peletakan batu pertama yang diawali dari bantuan Bupati Palas," terangnya.

Tokoh Masyarakat Lingkungan VII Kelurahan Pasar Sibuhuan, Syafaruddin mengucapkan terimakasih kepada Bupati Palas yang telah memberikan bantuan untuk kelancaran rehabilitasi pembangunan Masjid Al-Mukhlishin.

“Lebih dari itu, pihak panitia beserta masyarakat lingkungan VII Pasar Sibuhuan juga meminta dukungan dari Bupati Palas untuk kelancaran pembangunan rehabilitasi masjid yang dimaksud. Apalagi dengan kehadiran Bupati Palas H Ali Sutan Harahap diyakini pembangunan masjid akan selesai sesuai yang direncanakan,” sebutnya.

Sementara itu, Ustazd Sangkot Hsb melalui tausiyah singkatnya menjelaskan infaq dan sodaqoh akan menjadi jembatan bagi setiap masyarakat untuk masuk surga, khususnya infaq dan sodaqoh ke masjid.

“Setiap orang yang berwakaf dan bersodaqoh dengan ikhlaslah yang pertama sekali membuka pintu surga,” katanya.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap dalam kesempatan itu memberikan bantuan 200 zak semen, dan mengajak seluruh masyarakat yang hadir supaya berinfak dan bersodaqoh untuk rehalibitasi pembangunan Masjid Al-Mukhlishin Lingkungan VII, Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Bupati juga meminta kepada Tokoh Masyarakat Perantauan, H Bahder Lubis untuk memberikan bantuan. Dari ajakan Bupati tersebut, akhirnya H Bahder Lubis memberikan bantuan 100 zak semen. Kemudian Tim Sobar yang hadir saat itu juga memberikan bantuan 10 truk pasir dan 10 zak semen.

“Mari kita hormati niat baik panitia untuk melanjutkan rehabilitasi pembangunan Masjid Al-Mukhlishin. Mudah-mudahan dengan kemauan dan kekompakannya, pembangunan masjid dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” ungkap Bupati yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan(TSO) ini.

TSO juga menjelaskan, bentuk kemakmuran masjid bisa secara lahir maupun batin. Secara batin dengan sholat jamaah, Tilawah Al-Qur’an dan sebagainya, sementara lahiriahnya yaitu menjaga fisik dan bangunan masjid sehingga terhindar dari kotoran dan gangguan lainnya.

Secara terpisah, Sekretaris Badan Kemakmuran Masjid Al-Mukhlishin, Mansur Lubis kepada wartawan mengatakan, rencana rehabilitasi pembangunan masjid Al-Mukhlishin berukuran 37 Meter x 15 Meter persegi. Sesuai desain dari arsitek, masjid ini nantinya akan berlantai dua.

“Bangunan masjid yang lama akan dibongkar, dan digantikan dengan bangunan masjid baru. Biaya untuk pembangunan masjid sampai selesai menelan Rp 1,2 miliar, sementara untuk dana awal pembangunan yang sudah dihimpun panitia baru Rp60 juta, itupun hasil kumpulan dari patungan masyarakat setempat,” tandasnya.