PALAS - Sosok Bupati Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) dikenal masyarakat sebagai sosok pemimpin yang merakyat dan peduli. Bahkan, pria yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) ini dikenal merangkul semua golongan termasuk masyarakat biasa, tidak memandang suku, agama dan antar golongan. Nurmida (57) warga Pasar Ipuh, Kecamatan Ulu Barumun menilai, sosok TSO merupakan pemimpin merakyat dan apa adanya. Kepedulian dan perhatian kepada rakyatnya selalu disahuti dengan ramah.

"Pak H.Ali Sutan, sosok yang ramah, bermasyarakat, tidak sungkan untuk menghampiri kami masyarakat bawah, benar-bener dirangkul, benar-benar sosok yang merakyat ya," kata Nuramida yang kondisinya kurang sehat disamperi Bupati untuk diajak berobat ke RSUD Sibuhuan.

Dengan nada terbata-bata, perempuan separuh baya ini merangkul Bupati sembari mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas perhatiannnya.

Hal senada juga disampaikan Rohma warga Paringgonan. Menurutnya, selain peduli dengan rakyat biasa, sosok TSO juga tak seperti pejabat pada umumnya.

"Biasanyakan kalau pejabat itu ketemu masyarakat yang tua, sakit itu agak gimana ya. Tapi kita lihat Pak TSO tidak demikian, beliau pembawaannya biasa, ramah, murah senyum lagi, jadi kita masyarakat tidak merasa ada perasaan tidak nyaman saat bertemu dengannya," ujarnya.

Di lain sisi, secara khusus warga Pasar Ipuh dan Parnggonan, Kecamatan Ulu Barumun menemui Camat H.Zulkarnaen Nasution, Kamis (25/1/2018).

Dihadapan Camat, secara gamblang warga menuturkan rasa bangga mereka memiliki pemimpin yang peduli masyarakat tanpa merasa rendah diri dan malu bertemu dengan masyarakat yang paling bawah ini.

"Pak TSO begitu memahami keadaan masyarakat, hal inilah yang membuat masyarakat semakin dekat bersamanya," aku mereka.

Selain itu, kata warga, sebagai orang nomor satu di Kabupaten Palas ,dirinya tidak sungkan dan terbiasa berbaur dengan semua golongan tanpa pandang bulu.

"Kami menilai, jabatan sebagai Bupati Palas merupakan amanah bagi dirinya, sehingga tidak mudah melupakan apa yang diamanahkan masyarakat kepadanya," tutur mereka.

Kalau pemimpin dari kalangan masyarakat bawah, imbuh warga, tentu tahu betul keadaan masyarakatnya.

"Program pemerintah yang dipimpinnya selalu menyentuh kepentingan masyarakat. Terbukti mulai dari mengatasi kemiskinan, pendidikan hingga kesehatan masyarakat terus menjadi perhatian prioritas," ujarnya.

"Kita sebagai masyarakat benar-benar merasa terbantu dengan program kesehatan melalui peduli masyarakat sehat dengan pembagian kartu indonesia sehat(KIS)," timpal warga Paringgonan secara bersama disampaikan ke Camat Ulu Barumun.