PALAS - PT Sumber Tani Agung (STA) Group Kabupaten Padang Lawas bekerja sama dengan Lions Club Medan, Dinkes serta RSUD Sibuhuan melaksanakan bakti sosial operasi Katarak gratis kepada masyarakat, Sabtu (20/1/2018). Sebelum operasi katarak dilakukan, terlebuh dulu dilakukan scanning oleh pihak PT.STA Group terhadap 150 masyarakat yang diperiksa. Ternyata hanya 38 penderita katarak yang menjalani operasi.

Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) dalam kesibukannya masih turut menyempatkan hadir di acara bakti sosial operasi katarak dan memberikan apresiasi kepada pihak PT STA atas kepeduliannya terhadap masyarakat.

"Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT STA diharapkan memberikan kontribusi mengurangi jumlah penderita katarak di Kabupaten Palas bagi warga kurang mampu dapat terbantu untuk melihat normal kembali," katanya.

General Manager PT STA Palas Apuk Chandra didampingi PC Pabrik Wilayah Selatan, Ikuten Tondang dan Melinda dan Feri Nirwana dari PT STA Medan Bidang CSR mengatakan, kegiatan pelayanan operasi katarak gratis ini merupakan bakti sosial perusahaan.

"76 mata yang menjalani operasi katarak di RSUD Sibuhuan ditangani langsung dokter spesialis mata dari Lions Club dan Tim Medis RSUD Sibuhuan," kata Apuk.

Menurut Apuk, pengobatan gratis dimaksudkan untuk mengurangi peningkatan angka kebutaan di masyarakat yang rata-rata disebabkan katarak dan pterigium.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Palas Lelli Ramayulis mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan PT STA Group.

Dikatakannya, dalam menekan dan mengurangi angka kebutaan akibat kedua penyakit tersebut, bakti sosial pelayanan operasi katarak gratis ini sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada masyarakat.

Pada operasi katarak gratis, Pihak PT STA Group dan Pemkab Palas yang langsung dihadiri Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) melaksanakan tukar cenderamata berupa pemberian plakat Perusahaan dan Pemkab di halaman RSUD Sibuhuan.