Medan - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Japorman Saragih sangat mengapresiasi kegiatan Kirab Kebangsaan Taruna Merah Putih (TMP) di bawah kepemimpinan Maruarar Sirait di Lapangan Merdeka Medan. Apalagi kegiatan ini bisa menghadirkan sekitar 25 ribu orang.

"Kita bangga dengan TMP, yang merupakan organisasi sayap PDI Perjuangan. Kita Apresiasi Bang Ara," kata Japorman saat menyampaikan sambutan di hadapan 25 ribu peserta Kirab Kebangsaan di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara (Minggu, 21/1).

Japorman juga bangga sebab kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga Pancasila dari berbagai ancaman dan rongrongan ideologi lain. Sebab tugas menjaga Pancasila, pluralisme dan kebhinnekaan merupakan tanggung jawab semua warga negara.

"Pancasila harus tetap terjaga, Kita harus terus buktikan kesaktian Pancasila," ungkap Japorman.

Acara kirab kebangsaan ini berlangsung sangat meriah sekali. Acara Kirab ini dimulai dengan lagu Indonesia Raya, kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin Walikota Medan Dzulmi Eldin, dan dilanjutkan dengan jalan sehat sepanjang 4 KM.

Puluhan komunitas dan elemen ikut acara yang dihadiri sekitar 25 ribu orang ini. Mereka berasal, misalnya, dari Pemuda Muhammadiyah, Pemua Al-Washliyah, Komunitas Agama Budha Tri Dharma, Komunitas Tionghoa Parisadha, Komunitas Ormas Islam Medan, Hikhambudi, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Gema Budi, Jemaat Santo Yeseph, Pemuda Panca Marga, dan lain-lain.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Drumband SMA Perguruan Wahidin, Pramuka, Komunitas Sepeda Ontel, Barongsai Binjai, Reog Desa Kolam Percut Sei Tuan, Barongsai Akiong, Pencak Silat THS, Marawis, Becak Hias dan lain-lain.