JAKARTA - Presiden Joko Widodo Rabu (17/1) pagi pukul 09.00 melantik mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Adapun mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menggantikan Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial. Selain itu akan dilantik juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang baru untuk menambah keanggotaan.

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bakal dilantik sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki.

Pelantikan dilakukan pagi ini di Istana Negara Jakarta berbarengan dengan pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna yang sebelumnya Wakil KSAU.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Moeldoko mengikuti sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi, Rabu (17/1/2018).

Pelantikan berlangsung hari ini, Rabu (17/1/2018), di Istana Negara. Pengangkatan Moeldoko berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 P tahun 2018 tentang pengangkatan Kepala Staf Kepresidenan. 

Sosok Moeldoko sudah tidak asing lagi, ia sudah malang melintang di TNI. Dia bahkan telah memegang pucuk pimpinan tertinggi sebagai Panglima TNI.

Moeldoko merupakan sosok yang penuh inovasi, tidak berpolitik dan saat ini aktif sebagai Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Sinyal Moeldoko akan masuk ke Kabinet Kerja sebelumnya sudah terlihat saat pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, pertengahan November 2017.

Dia saat itu ditunjuk sebagai perwakilan keluarga Jokowi untuk memberi sambutan kepada para tamu. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Rabu,(17/1) oleh Presiden Joko Widodo pukilul 09:00. ***