PALUTA - Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) serentak tahun 2018, ratusan personel gabungan menghadiri apel Mantap Praja Toba 2018, Sabtu (6/1//2018) sekira pukul 9.10 di lapangan Kantor Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Pada apel gabungan ini dihadiri yang terdiri dari, 1 pleton personel TNI Kodim 0212/TS, 1 Pleton personel Batalyon 123/RW, 1 pleton personel Den C Brimobdasu Sipirok, 1 pleton personel gabungan Polsek, 1 pleton personel gabungan Staf Polres Tapsel, 1 pleton personel gabungan Reskrim, Intel dan Narkoba Polres Tapsel, 1 pleton Sat Lantas Polres Tapsel, 1 pleton Satpol PP Kabupaten Paluta, 1 pleton personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paluta, 1 pleton personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paluta, 1 pleton personel Linmas Kabupaten Paluta, 1 pleton personel gabungan KPUD Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas.

Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal yang bertindak selaku Inspetur Upacara (Irup) dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2018 dalam amanatnya menyampaikan, pengamanan Pilkada Serentak tahun 2018 ini, pihaknya menurunkan 398 personel polri, dibantu 120 personel Brimob, 120 personil TNI serta 3542 Linmas untuk mengamankan 1771 TPS.

Makanya, dia berharap, setiap personel harus menyiapkan mental dan fisik, baik yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada terutama tugas pengamanan (Pam) dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Melakukan pemetaan setiap kerawanan pada setiap tahapan Pilkada serentak Tahun 2018 serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen didukung Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkada serentak dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas," ujarnya.

Implementasikan astra siap secara maksimal di masing-masing kesatuan sehingga pengamanan Pilkada serentak Tahun 2018 dapat benar-benar kita laksanakan secara optimal.

"Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggaran Pilkada baik unsur TNI dan segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinergi polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2018. Bagi segenap anggota Polri, jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2018 yang dapat menurunkan kepercayaan mayarakat terhadap Polri," imbuhnya.

Selain itu, Kapolres meminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen Pilkada serentak tahun 2018 khususnya wilayah yang memiliki kerawanan dan berpotensi sebagai target pelaku.

"Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana Pilkada secara terpadu melalaui sentra gakkumdu. Berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas serta pedomani aturan dan SOP yang berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas," tuturnya.

"Siapkan rencana pengamanan kontingensi serta latihan kepada seluruh personil sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman yang mengarah pada situasi kongensi. Lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja anggota untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas di lapangan melalui Puswasdalsis Polres Tapsel," ungkapnya.

Hadir juga dalam acara tersebut, Kaden C Brimobdasu Sipirok AKBP BRAVO ASENA, Waka Polres Tapsel Kompol Hairun Dalimunthe, Sekda Kabupaten Paluta Burhan Harahap, Kajari Gunung Tua Razal Syah Nyaman, Kajari Padang Lawas Ikeu Bahtiar, Kajari Tapsel di wakili oleh Kasipidum Jati Insan Pramono, Kakan Kesbangpol Tapsel Hamdi S Pulungan, Ketua KPUD Paluta Rahmad Hidayat Siregar, Ketua KPUD Tapsel Potan  Edi Siregar, Ketua KPUD Palas Syafaruddin Daulay, Komisioner Panwaslih Tapsel Khoirun Solih Harahap, Komisioner Panwaslih Palas Ahmad Faisal Nasution dan Imran serta para Kabag, Kasat dan Kapolsek sejajaran Polres Tapsel.