MEDAN-Pengumuman pasangan calon (Paslon) Gubernur Sumatera Utara yang akan diusung PDI Perjuangan yang semula direncanakan Kamis besok (4/1/2018), batal. Pengumuman disebutkan akan dilaksanakan pada Sabtu (6/1/2018).

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih menjelaskan belum didapatkannya pasangan calon yang klop yang akan diusung adalah penyebabnya.

Soal calon gubernur, Japorman yang merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Sumut menyatakan hendaknya tidak berubah lagi dari Djarot Saiful Hidayat. Sedangkan wakilnya haruslah yang berpotensi memperkuat elektabilitas pasangan calon.

"Maunya untuk calon gubernur tidak lagi berubah yakni Djarot Saiful Hidayat," kata Japorman.

Ditanya tentang tiga nama yang disebut-sebut berpeluang menjadi wakil Djarot, yakni Ngogesa Sitepu, Sihar Sitorus dan Erry Nuradi, dia enggan mengomentari. "Kita lihat sajalah nanti siapa yang akan diputuskan," katanya.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, PDIP mempertimbangkan 3 opsi dalam pertarungan Pilgubsu 2018. Opsi pertama yaitu mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat berpasangan dengan Ketua DPD I Partai Golkar Sumut, Ngosesa Sitepu

Opsi kedua, Djarot bersanding dengan Sihar Sitorus. Putra pengusaha DL Sitorus itu dipilih mewakili generasi muda mengingat bersangkutan tokoh sepakbola. Di samping itu latar belakang pendidikan Sihar juga mumpuni.

Sementara untuk opsi ketiga, PDIP akan mendukung incumbent, Tengku Erry Nuradi.