MEDAN-Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat hampir pasti akan diusung PDI Perjuangan menjadi calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada Sumut 2018. Hal itu disampaikan sumber internal DPP PDI Perjuangan.

"90% Pak Djarot akan diusung PDIP," kata salah seorang kader PDIP yang dekat dengan elit pengurus DPP Samulya Surya Indra melalui aplikasi Whatsapp.

Ia menyebutkan, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan pencalonan Djarot antara 4-6 Januari. Artinya beberapa hari sebelum jadwal pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum yakni pada 8-10 Januari.

Sementara itu Ketua DPD PDIP Sumut Japorman Saragih menyebut setidaknya besok (3/1/2018) dia akan terbang menuju Jakarta bertemu dengan Megawati. Kaitannya adalah dengan rencana pengumuman pencalonan Djarot.

"Belum tahu tanggal pastinya diumumkan, saya selaku Ketua DPD kan harus berada disana saat pengumuman," kata Japorman yang pernah jadi anggota DPRD Sumut selama tiga periode.

Japorman enggan mengomentari tentang kepastian nama Djarot yang akan diumumkan sebagai calon Gubsu. Begitu juga dengan bakal calon wakil. Redaksi mendapatkan kabar bahwa nama Wakil Gubsu incumbent yakni Nurhajizah Marpaung, kader partai Hanura yang kini menjabat Wakil Gubsu, kemungkinan akan dipasangkan dengan Djarot.