MEDAN-Tak lama lagi, sosok yang akan mendampingi Tengku Erry Nuradi sebagai calon Wakil Gubernur Sumut di Pilgubsu 2018 akan terjawab. Saat ini nama calon pendamping Erry sudah mulai mengerucut.

Setidaknya ada dua nama kuat yang akan dilirik Erry Nuradi yakni Ivan Iskandar Batubara (Ketua Kadin Sumut) dan Nurhajizah Marpaung (Wagubsu saat ini). Nurhajizah Marpaung dan Ivan Iskandar sudah mengembalikan formulir pendaftaran Cawagubsu ke Tim 10 Golkar Sumut.

Nurhajizah, pendaftaran ini sekaligus menandai dirinya secara resmi masuk dalam bursa calon pendamping Tengku Erry Nuradi pada Pilgubsu 2018. Pendaftaran ini dilakukan Nurhajizah dua hari berselang setelah dirinya bersama Tengku Erry hadir secara bersama dalam diskusi dengan masyarakat yang juga dihadiri mantan Gubsu, Syamsul Arifin.

Dalam acara itu, Syamsul, yang dikenal masih memiliki banyak pendukung setia, secara gamblang menyebutkan duet Tengku Erry Nuradi – Nurhajizah Marpaung harus dilanjutkan. Nurhajizah tampaknya semakin percaya diri setelah mendapat dukungan moril dari Syamsul Arifin.

Kedatangannya disambut Ketua Tim 10 Sahlul Umur Situmeang dan para Wakil Ketua di antaranya Syamsul Qamar, Rolel Harahap, Suruhenta Sembiring, Firdaus Nasution, Willer Pasaribu dan Rini S Paloh. “Hari ini Ibu Nurhajizah Marpaung secara resmi mendaftar Cawagubsu ke Partai Golkar Sumut dari kalangan eksternal. Sebelumnya pada hari Kamis 14 Desember 2017 melalui tim kuasanya sudah mengambil formulir di sini,” terang Sahlul Umur Situmeang.

Ditambahkan Sahlul, pada Jumat pekan lalu tim kuasa Ivan Iskandar Batubara juga sudah mengembalikan formulir. Pendaftaran untuk kalangan eksternal Golkar Sumut ini dibuka sampai 17 Desember 2017 pukul 17.00 WIB. “Sampai saat ini masih dua nama ini saja yang mendaftar dari ekternal,” kata Sahlul.

Dikatakannya, para bakal calon nantinya dijaring sesuai mekanisme. Akan ada verifikasi dan wawancara, aturan ini sama seperti tahap penjaringan internal Golkar kemarin. Diketahui, Tim Penjaringan Cawagub Sumut Partai Golkar membuka pendaftaran untuk eksternal Golkar Sumut. Hal itu diambil usai penutupan pendaftaran untuk internal Golkar Sumut.

Sementara dari internal Golkar Sumut, hanya nama Ir H Doli Sinomba Siregar yang lulus persyaratan pendaftaran untuk diplenokan di DPD Golkar Sumut dan diputuskan DPP Partai Golkar.