PALAS - Untuk kepentingan pembangunan jalan menuju jembatan Silenjeng sebagai sarana lalulintas warga, akhirnya dapat tertuntaskan berkat peran serta putra daerah setempat. Pembebasan lahan yang sempat terkendala selama 3 tahun itu, akhirnya menemukan titik terang berkat perjuangan putra Kecamatan Sihapas Barumun, Sahyuti Hasibuan yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Palas, H.Eddi Mirson Hasibuan selaku Kadis Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan Junaidi Harahap selaku Kades Tanjung Morang.

Ketiga putra daerah kecamatan ini berhasil menyelesaikannya melalui musyawarah dan pendekatan dengan cara Adat Dalihan Natolu (Kahanggi, Anakboru dan Mora) terhadap pemilik lahan yang selama ini tidak memberikan lahan tersebut.

Sahyuti Hasibuan didampingi H.Eddi Mirson Hasibuan ditemui di lokasi pembukaan jalan di Desa Tanjung Morang, Senin (18/12/2017) mengatakan, proses pembebasan lahan sempat terkendala selama 3 tahun. Namun, setelah diadakan pendekatan secara adat, akhirnya pemilik lahan memberikan pembebasan.

"Setelah adanya izin pembebasan dari pemilik lahan, alat berat segera turun ke lokasi untuk membuat jalan sepanjang 200 meter. Nantinya akan dimulai pekerjaan pembukaan jalan lintas ke lokasi jembatan Silenjeng," kata Sahyuti.

Terpisah, Kepala Desa Tanjung Morang Junaidi Hasibuan mengatakan, pembangunan jalan menuju jembatan Silenjeng, sebelumnya terganjal tidak adanya pembebasan lahan dari pemiliknya.

"Tidak bersedia melepas lahannya untuk pembangunan jalan masyarakat, karena sejumlah pohon sawit di atas tanah yang dibebaskan harus ditumbangkan," ungkapnya

Padahal, sambung Junaidi, pihak kecamatan bersama tim sudah melakukan berbagai cara supaya pemilik bersedia melepas lahan untuk kepentingan umum. Salah satunya dengan cara pendekatan persuasif, tapi tetap tidak berhasil.

Namun, terhambatnya pembebasan lahan itu tidak menyurutkan niat putra daerah untuk mendapatkan pembebasan.

"Dengan gigih putra asal Kecamatan Sihapas Barumun dibantu masyarakat, akhirnya pembebasan tertuntaskan, selanjutnya sudah dimulai pekerjaan pembukaan jalan mengunakan alat berat ekskavator pada Minggu (17/12/2017) kemarin," pungkasnya.