PADANGSIDIMPUAN - Untuk menjawab kondisi dan agenda politik nasional yang sudah di depan mata, Munaslub partai berlambang pohon beringin harus secepatnya digelar. Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, Senin (11/12/2017) kemarin.

Sesuai hasil pertemuan DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota se-Sumut dengan DPD Provinsi Sumut beberapa waktu lalu, soal Munaslub (Musyawarah Nasional Luar Biasa) Partai Golkar harus segera dilaksanakan. Dan melihat kondisi politik yang berkembang, Irsan mendorong agar Partai Golkar secepatnya melaksanakan Munaslub guna mewadahi kondisi nasional partai yang terjadi saat ini.

"Kami dari DPD Partai Golkar Padangsidimpuan mendorong agar Munaslub dilakukan, apalagi melihat kondisi nasional partai saat ini dan sangat memungkinkan untuk secepatnya dilakukan," ungkapnya.

Dengan dilakukannya Munaslub, kata Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan ini, bakal dapat menjawab kondisi partai dan agenda politik nasional nantinya. Apalagi, agenda politik nasional yang dalam waktu dekat yang akan dihadapi yaitu Pilkada serentak 2018. Dan pada awal Tahun 2018 nanti, sudah masuk tahap pendaftaran bakal calon.

"Jadi kita harapkan, sebelum akhir tahun ini (2017) Munaslub dapat dilakukan. Apalagi sesuai dengan tahapan di KPU terkait Pilkada serentak 2018, sekitar awal Januari 2018 sudah masuk tahap pendaftaran," ujarnya dan hal itulah yang menjadi dilema jika Munaslub tidak secepatnya digelar.

Jika Munaslub dilakukan sebelum tahapan tersebut, maka waktu bagi partai untuk melakukan konsolidasi dan langkah-langkah politik dapat juga diatasi. Apalagi, sesuai dengan AD/ART partai, jika ada lebih dari 2/3 DPD se-Indonesia yang menyetujuinya, maka Munaslub sudah layak untuk digelar.

"Dan kita sangat berharap, mendorong dan menyetujui, agar Munaslub Partai Golkar dapat dilakukan sebelum akhir tahun ini," pintanya.

Dan jika nanti Munaslub dilakukan, kata Irsan, diharapkan bisa menjadi lompatan baru dan sebuah terobosan politik untuk menghadapi agenda politik nasional lainnya seperti Pileg dan Pilpres 2019.

"Semoga sebagai partai tertua dan berpengalaman, pimpinan bisa membuat sikap strategis, mencermati perkembangn yg ada, merespon kondisi politik yang ada," pungkas Bakal Calon Walikota Pilkada Padangsidimpuan 2018 ini.