PALAS - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Lawas menggelar acara Tabligh Akbar bertemakan "Momentum Maulid, Mari Kita Wujudkan Palas yang Lebih Islami", Minggu (10/12/2017) di Asrama Haji Sibuhuan, Kecamatan Barumun. Ketua Panitia H. Sangkot Hasibuan mengatakan, momen peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sebagai sarana mempererat hubungan tali silaturahmi.

"Dengan kegiatan ini, semoga tali silaturahmi warga Palas tetap terjaga, sehingga Kabupaten Palas sebagai kota religius bisa terwujud daerah yang lebih Islami," katanya.

Sementara itu, dihadapan ratusan jamaah, Ketua MUI Palas H. Sehat Muda Hasibuan. Lc mengajak umat Islam melalui momentum Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H, untuk meneladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

"Salah satu yang dicontohkan oleh Nabi Muhamad SAW yakni memiliki hati yang lunak, baik dalam rumah tangga maupun memimpin umat," katanya.

Dengan kemuliaan akhlak tersebut, lanjutnya, Rasulullah sangat disegani lawan maupun kawan.

Selain itu, ia juga meminta kepada para jamaah agar selalu menjaga hubungan komunikasi dan mengedepankan musyawarah dalam setiap mengambil keputusan.

Di tempat yang sama, KH. H. Mahmuddin Pasaribu dalam tausyiahnya mengajak masyarakat untuk senantiasa memakmurkan masjid dengan kegiatan shubuh berjamaah. Karena hal itu bisa menumbuhkan semangat silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

"Majelis taklim kaum ibu, semoga saja dengan rutin melakukan sholat shubuh berjamaah, majelis taklim kaum bapak-bapaknya nanti bisa sebanding," tuturnya.

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap diwakili Staf Ahli Sekdakab Palas Thamrin Harahap mengimbau, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kiranya dapat menjadi momen penting bagi umat Islam agar tetap istiqomah dalam menjalan ibadah dan siar ajaran agama Islam.

"Banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan ini dalam pengembangan siar Islam dengan program sholat shubuh berjaamah sudah dilakukan di setiap daerah," tambahnya.

Thamrin juga mengimbau agar seluruh warga Palas dapat meningkatkan kewaspadaan dari berbagai gesekan yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama serta persatuan dan kesatuan hubungan ukhuwah Islamiah.

Kegiatan Tabligh Akbar ini juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Palas H. Amran Hasibuan, Ketua MUI Palas H. Sehat Muda Hasibuan Lc, Sekertaris MUI Palas dan penceramah KH. H. Mahmuddin Pasaribu dan Forkokopimda antara lain Kapolsek Barumun AKP Sudirman dan anggota serta Koramil 08 Barumun.