PALAS - Dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pemula di pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas gencar melaksanakan sosialisasi di kalangan pelajar tingkat SLTA, Rabu (6/12/2017) bertempat di Aula Hotel Barumun Sibuhuan. Divisi SDM dan Parmas KPU Palas Amran Pulungan menyebutkan, pendidikan politik adalah salah satu instrumen penting untuk mengukur kualitas pemilu khususnya pada pemilih pemula seperti pelajar yang berusia minimal 17 tahun.

"Kualitas pemilu bisa diukur tiga hal yaitu penyelenggaraan berintegritas, calon pemilih berkualiatas dan cerdas. Sosialisasi ini dalam rangka memberikan pendidikan politik kepada kelompok pemilih pemula," ujarnya.

Amran menambahkan, hal ini juga menjadi syarat-syarat penyelenggara pemilu di tingkat PPK/PPS/KPPS yang harus berusia minimal 17 tahun.

"Kita lihat semangat dalam udang-undang itu, salah satunya adalah mengakomodir kepentingan anak-anak muda, bisa berpartisipasi secara langsung dan maksimal dalam penyelenggaraan pemilu," ungkapnya.

Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay S.Ag diwakili Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik Rahmat Effendi Siregar SS mengatakan, peserta yang ikut dalam sosialisasi tersebut kurang lebih 60 siswa sekolah SMA sederajat se-kabupaten Palas yang usianya rata-rata 17 tahun.

"Tujuan kegiatan ini agar pemilih pemula cerdas di dalam menggunakan hak pilihannya. Jadi tidak salah pilih nantinya, memilih calon yang mereka pilih bisa memperjuangkan kepentingan dan harapan anak-anak muda," ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini.

"Kami lihat ini sangat penting, untuk memberikan pemahaman pendidik politik kepada pemilih pemula, yang merupakan anak-anak muda," ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan KPU ini untuk memberikan pendidikan politik bagi pemilih dengan sebuah keniscayaan untuk menghasilkan pemilu yang lebih baik, dan berkualitas.

"Ya terlebih bagi kalangan pelajar, atau kelompok pemilih pemula," katanya.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri pemateri seperti Kapolsek Barumun AKP.Sudirman, Divisi Parmas dan SDM KPU Palas Amran Pulungan, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Darwin Lubis serta Ketua Panwaslih Kabupaten Palas Abdul Rahman Daulay.