MEDAN-Sejumlah tokoh mengapresiasi kinerja Kodam I/BB dan Polda Sumatera Utara (Sumut) dalam kaitan pengamanan kegiatan Presiden Jokowi selama berada di Sumut hingga Senin (27/11/2017). Lima hari keberadaan Jokowi di Sumut berjalan lancar.

"Adalah tindakan cerdas Pangdam dan Kapolda. Semua berjalan lancar dengan persiapan yang matang," kata Ketua DPW Partai Berkarya Sumut, Rajamin Sirait.

Rajamin menilai, keberadaan presiden selama lima hari di Sumut adalah salah satu kunjungan terlama ke daerah. Sederet agenda berjalan dengan sesuai rencana.

"Dan itu menunjukkan mereka membagi tugas sesuai porsi. Kemarin saya ke pesta (Kahiyang-Bobby) itu tidak ada kemacetan. Kita apreasiasi TNI/Polri," ungkapnya.

Apresiasi yang sama disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane.

"Orang yang paling bertanggung jawab soal keamanan ketika presiden datang adalah TNI/Polri kita. Seluruh street crime harus bisa diantisipasi. Dan tentunya Polri kita sudah mengantisipasinya. Kita mengapresiasi kinerja TNI/Polri selama presiden berada di Medan," kata Neta.

Kegiatan Presiden Jokowi di Medan dimulai dengan pembukaan Munas KAHMI 17 November lalu. Setelah itu, Jokowi menghadiri acara resepsi pernikahan serta penabalan marga bagi putrinya Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Nasution. Setelah rangkaian resepsi, Jokowi melanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah di Sumut hingga Senin (27/11/2017).