MEDAN - Setelah 16 tahun tidak pernah direnovasi, kini Markas Komando Kepolisian Sektor (Mapolsek) Medan Kota kembali dibenahi dengan tampilan yang berbeda. Dalam peresmiannya, Sabtu (2/12/2017), turut hadir Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Sandi Nugroho, Wakapolrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja serta kapolsek-kapolsek di jajaran Polrestabes Medan.

Dalam sebutannya, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Sandi Nugroho, memberikan apresiasi kepada Kapolsek Medan Kota, Kompol Martuasah Tobing, yang telah membenahi Polsek Medan Kota dengan indah.

"Kalau begini kan terlihat indah, masyarakat juga melihatnya nyaman," kata Sandi.

Bahkan Sandi mengaku sempat terdiam sejenak. Ia mengira, acara itu merupakan pisah sambut karena ia sebentar lagi akan melanjutkan pendidikannya ke Mabes Polri

"Saya kira ini acara pisah sambut saya. Makanya ketika ingin melangkahkan kaki saya sempat terdiam," ucap Sandi.

Sementara itu, Kapolsek Medan Kota, Kompol Martuasah Tobing mengatakan, tujuan renovasi diharapkan bisa mengubah pemikiran masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa kantor polisi merupakan tempat yang menyeramkan.

"Dengan tampilan yang sekarang ini, kami mengajak masyarakat untuk tidak menganggap kantor polisi sebagai tempat yang menakutkan," ucap Martuasah.

"Polsek Medan Kota terakhir kali dibangun dan direnovasi 16 tahun lalu. Saat itu Polsek Medan Kota dipimpin Wakil Direktur Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Maruli Siahaan," sambung Martuasah.

Martuasah juga menjelaskan, ada beberapa ruangan yang dibangun dan direnovasi, seperti renovasi gedung utama, pembangunan perpustakaan, renovasi ruang Bhayangkari, renovasi ruang Provost, renovasi ruang media center, dan renovasi mushollah.

"Kalau ruang perpustakaan kita bekerjasama dengan pihak Pusda untuk merenovasinya. Perpustakaan itu nantinya digunakan oleh siswa-siswa yang berkunjung kesana," jelasnya.

Martuasah menambahkan, pembangunan tersebut mulai dilakukan pada Januari 2017 setelah Kapolrestabes meninjau langsung kondisi Polsek Medan Kota.

"Saat itulah kita disuruh berbenah dan pada hari ini semuanya selesai dan langsung diresmikan Pak Kapolrestabes Medan," tambahnya.