MEDAN - Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia bersama Event Organizer (EO) Deli Geist Production menggelar Festival Budaya Supranatural Nusantara 2017 di Sumatera Utara (Sumut). Event ini untuk pertama kali digelar di Sumut berlangsung dari tanggal 1 - 20 Desember 2017, di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Dalam momen Festival Budaya Supranatural akan menampilkan berbagai hiburan dan kompetisi, diantaranya Sulap, Jaran Kepang, Cosplay, Debus, Magic Fashion, Vespa Antic dan aktrasi sejumlah supranatural. Festival ini juga menghadirkan praktisi supranatural (paranormal) nasional, diantaranya M Azis Hidayatullah (Dewan Presidium DPP FKPPAI), Ki Joko Bodo, Ki Prana Lewu, Mbah Gimbal The Master, Hang Solahuddin dan Ustad Azis.

Festival Budaya Supranatural terbuka untuk umum dengan biaya tiket masuk yang cukup relatif murah hanya Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (pelajar).

Ketua Panitia Festival Budaya Supranatural Nusantara 2017, Dra Yusniarti Piliang mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali digelar di Sumut untuk menghibur masyarakat Kota Medan khususnya Sumut.

Selain itu, Festival Budaya Supranatural ini untuk memperbaiki image dunia paranormal yang dianggap negatif oleh sebagian masyarakat. "Melalui event ini, kita mencoba memperbaiki citra negatif dunia paranormal melalui berbagai aktrasi, edukasi yang menghibur masyarakat," ujar Yusniarti yang akrab disapa Yose Piliang, Rabu (29/11/2017).

Dijabarkan Yose, dalam Festival Budaya Supranatural Nusantara 2017 akan menghadirkan sebanyak ratusan paranormal dari berbagai daerah, seperti Bali, Surabaya, Jawa Timur, Banten, Kalimantan, Jakarta dan Sumut.

Sementara itu, Aziz Hidayatullah yang akrab disapa Romo Aziz, selaku Presidium FKPPAI Pusat memaparkan, Festival Budaya Supranatural seperti ini pernah diadakan di Pulau Jawa, yang menghadirkan para paranormal se-nusantara.

Dalam kegiatan nantinya, tambah Ustad Aziz, FKPPAI akan melakukan edukasi kepada masyarakat Sumut terkait supranatural. "Melalui Festival Budaya Supranatural, kita ingin mengangkat kembali budaya tradisional Indonesia ini. Karena kemampuan atau ilmu paranormal sudah ada sejak nenek moyang meraih kemerdekaan," ungkapnya.

FKPPAI akan membuka diri memberikan pemahaman sekaligus mencoba berinteraksi kepada masyarakat yang ingin belajar tenaga supranatural. "Mulai dari kalangan pelajar maupun orang dewasa, kita akan berbagi ilmu kebatinan. Jadi siapa saja bisa belajar," ungkapnya.

Event Festival Budaya Supranatural Nusantara 2017 akan berlangsung setiap harinya mulai tanggal 1 - 20 Desember 2017 bertempat di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)/Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan.