TAPANULI SELATAN - Sebuah truk Mitsubishi Colt Diesel bernopol BA 8347 EU yang pengangkut bahan-bahan pertanian, Jumat (24/11/2017) sekira pukul 18.00 masuk ke dalam jurang tepat di Jalinsum Sipirok-Tarutung Batu Jomba, Dusun Bulu Payung, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Diketahui, truk yang melaju dari arah Sipirok menuju arah Tarutung tersebut sebelumnya terbalik saat melintasi jalan tersebut akibat hujan, kondisi jalan yang berlobang dan licin karna lumpur akibat hujan.

Saat posisi badan bus masih berada di badan jalan, sopir truk (belum diketahui identitasnya) dan kernetnya memanggil warga sekitar TKP untuk bernegosiasi mengeluarkan muatan dari dalam truk. Saat bernegosiasi itulah bahu jalan amblas sehingga truk tersebutpun masuk kedalam jurang.

Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Muri Yasnal yang meninjau kondisi di TKP Sabtu (25/11/2017) sekira pukul 16.00 WIB kepada GoSumut mengatakan, sebelumnya truk yang mengangkut bahan-bahan pertanian ini terbalik di badan jalan. "Akan tetapi, karena kondisi tanah di lokasi ini labil dan berkepatan kondisi cuaca sedang hujan, diduga bahu jalan tak kuat menahan beban truk sehingga amblas dan truk tersebut ikut masuk ke dalam jurang," ungkap Kasat.

Sementara itu, muatan truk berupa bahan-bahan pertanian saat ini sudah diamankan di salah satu tempat di sekitar lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sedangkan kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 50 juta.