PALAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menggelar bimbingan teknis bagi seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Hotel Barumun Sibuhuan, Selasa (21/11/2017). Komisioner KPU Palas Divisi Teknis, Rahmat Habinsaran mengatakan, bimtek PPK ini bertujuan agar anggota dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai penyelenggara teknis di lapangan.

“Bimtek tentang teknis verifikasi faktual dan rekapitulasi jumlah dukungan bakal calon perseorangan pada Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Palas Tahun 2018 mendatang,diikuti 60 orang PPK. Dan kita harapkan mereka bisa menyerap semua materi dan menjadi bekal pengetahuan ketika sudah kembali di kecamatan masing-masing,” kata dia.

Ia menambahkan, selama ini Palas selalu dianggap sebagai daerah rawan ketika pemilu dilaksanakan, dan stigma itu pula yang ingin dihilangkan KPU Palas.

“Kita ingin semua anggota PPK mampu menjaga integritas dan independensi sesuai tugas yang ada. Selama ini Palas selalu dianggap daerah rawan, nah kita mau Palas menjadi daerah terbaik pemilu,” ungkapnya.

Menurutnya, penyelenggara pemilihan harus bisa memahami secara teknis tentang pelaksanaan kegiatan dan menjalankan proses pemilihan umum, baik Pilkada dan Pilgubsu 2018 serta Pileg dan Pilpres 2019 nantinya

"Jadi penting bagi penyelenggara itu untuk memahami aturan, kemudian melaksanakan teknis kegiatan sesuai dengan ketentuan serta memahami tentang kode etik asas penyelenggara dan lain sebagainya,” katanya.

Rahmat Habinsaran menjelaskan, bimtek yang berlangsung sehari untuk PPK ini merupakan tahap awal, dan masih akan dilanjutkan dengan bimtek selanjutnya.

"Pada pelaksanaan Bimtek ini juga dilaksankan simulasi terhadap semua anggota PPK untuk mengisi rekapitulasi formulir laporan dan lainnya, agar anggota PPK nantinya tidak salah dalam mebuat laporan semua tahapan administrasi pemilu," pungkas Rahmat.