MEDAN - Pertama kalinya pameran bertema Semangat Pahlawan dalam Mempertahankan Kemerdekaan digelar di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (13/11/2017). Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Elisa Marbun mengungkapkan, pameran ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya. Selain itu, juga untuk membangun karakter bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

"Pameran ini juga untuk memperkenalkan nilai umum guna menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya agar turut cinta museum," jelasnya.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri keluarga pahlawan ini, menampilkan aneka koleksi foto yang berkaitan dengan perjuangan. Termasuk foto-foto pejuang, baik lokal maupun nasional.

“Diharapkan museum dapat menjadi pusat perkembangan budaya,” ungkapnya.

Selain pembukaan pameran, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada pahlawan melalui keluarganya juga peresmian mini teater.

“Museum kini sudah miliki mini teater. Diharapkan kehadiran mini teather ini dapat meningkatkan mutu pelayanan museum kepada masyarakat,” tukasnya.