MEDAN - Tercatat sudah 23 Museum berkembang di Sumatera Utara (Sumut) baik yang dikelola oleh pemerintah maupun pihak swasta. "Meski pun beberapa museum dalam kondisi yang belum memadai, namun sudah banyak museum yang berbenah menjadi lebih inovatif," ucap Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam membuka Pameran Semangat Pahlawan dalam Mempertahankan Kemerdekaan di Museum Negeri Sumut, Senin (13/11/2017).

Salah satu contohnya, sebut Gubsu, Museum Negeri Provinsi Sumut yang berada di Jalan H.M Joni Medan, yang diresmikan pada 19 April 1982.

"Kini bahkan telah memiliki mini teather untuk sarana informasi sejarah dan budaya yang bernuansa pendidikan. Serta telah meluncurkan layanan museum berbasis online," ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan itu, ia mengharapkan, agar pihak museum untuk terus melestarikan sejarah dan budaya bangsa serta mensosialisasikan nilai-nilai sejarah kepada masyarakat luas khususnya generasi muda.

"Generasi muda harus menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa sekaligus menjadi sumber inspirasi dalam berkarya. Kami juga berharap Museum Negeri dapat menunjang kinerja berbagai pihak khususnya pelayanan kepada pengunjung. Kami berharap pengelolaan museum ini ditingkatkan kualitasnya. Apalagi tahun 2016 lalu menjadi museum terbaik. Maka, harus ada pengembangan yang positif lagi pada hari-hari berikutnya," pinta Gubsu.