PALAS - Memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Dinas Kesehatan melakukan senam bersama dan bakti sosial di tiga lokasi panti jompo, Minggu (12/11/2017). Melalui tema 'Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku', pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memulai dan membiasakan pola hidup sehat dimulai dari keluarga.

"Jika keluarga sehat, Indonesia pasti sehat,” kata Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis didampingi Sekretaris dr Ummi Sahara Matondang dan Direktur RSUD Sibuhuan dr Elni Rubianti Daulay usai kegiatan senam bersama dipusatkan di Lapangan Merdeka Sibuhuan.

Disebutkan Leli, anjangsana ke Panti Jompo Naqsabandiyah Darul Falah, Pondok jompo Anisa dan Umariah Sibuhuan, ini dilakukan sekaligus memberikan paket makanan tambahan gizi gratis berupa kacang hijau, roti dan gula kepada para penghuni panti jompo yang telah lanjut usia.

Sementara, Wakil Bupati Palas H. Ahmad Zarnawi Pasarubu mengatakan, dengan tema HKN ke-53 Indonesia kuat masyarakat sehat, ujung tombaknya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Karena germas pilar utamanya adalah promotif dan preventif sehingga kita semua sudah buktikan dengan melaksanakan senam bersama. Gerakan yang murah dan tidak perlu modal ini bisa dilakukan siapa pun dalam mewujudkan pola hidup sehat," katanya.

Senada dengan Wabup, Ketua TP PKK Palas Hj Yusra Ali Sutan mengajak komponen masyarakat untuk berkomitmen menggalakkan program Germas dalam membangun masyarakat sehat jasmani dan rohani.

Untuk itu, Hj Yusra berharap, semua stakeholder bersemangat membangun sinergitas dengan masyarakat dalam mewujudkan visi kabupaten Palas beriman, cerdas, sehat, sejjahtera dan berbudaya (bercahaya).

"Melalui gerakan masyarakat sehat, tentu dapat membangun pondasi generasi yang kuat dan berkualitas," imbaunya.

Peringatan HKN ke 53 yang dirangkai senam bersama dihadiri Kapolsek Barumun AKP Sudirman, Danramil 08 Barumun Kapten Fahri Batubara dan ASN sejajaran Pemkab Palas serta pelajar dan elemen masyarakat.