MEDAN-Aktif di berbagai kegiatan dan organisasi sosial, dapat dikatakan sebagai suatu perwujudan dari sikap mendahulukan kepentingan banyak orang.

Hal itu juga yang menjadi alasan bagi Musa Rajekshah atau Ijeck, aktif mengelola dan memimpin berbagai organisasi sosial. Kegiatan sosial pun, sangat akrab dengan kehidupan sehari-harinya. Ternyata, jiwa “mendahulukan kepentingan orang banyak” itu diinspirasi dari sosok Pahlawan Nasional Jenderal Besar Soedirman.

“Kalau ditanya sebenarnya semua pahlawan kita punya peran yang sama. Tapi bagi saya Jenderal Besar Soedirman memiliki kesan dan teladan tersendiri,” kata Ijeck, saat ditanya tentang sosok pahlawan nasional yang diidolakannya.

Disebut Ijeck, semangat perjuangan Jenderal Besar Soedirman, bahkan membuatnya tidak lagi peduli dengan kesehatan dan keselamatan diri. Saat bergerilya di hutan menghindari Agresi Militer Belanda, Soedirman mengabaikan kondisi kesehatannya yang sudah hampir kritis.

“Kita semua membaca sejarah. Bahwa dalam kondisi sakit sekarat pun, Jenderal Soedirman tidak peduli, masih terus berjalan, berjuang di hutan, hingga akhirnya harus ditandu. Padahal saat itu Jenderal Soedirman butuh pengobatan, tapi dia lebih mementingkan kepentingan yang lebih besar lagi, yaitu mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Meski meneladani sosok Jenderal Soedirman, Ijeck juga sangat menghormati dan meneladani seluruh pahlawan yang ikut berjuang untuk Indonesia.

“Banyak pahlawan kita, semua berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Tanpa pahlawan, kita tidak bisa merdeka, semua berperan di bidangnya masing-masing,” pungkasnya.

Ijeck menambahkan, pemuda Indonesia sejatinya memiliki semangat, gagasan, dan pergerakan yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan daerah maupun negara. “Kita semua generasi muda, merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjadikan bangsa ini lebih maju lagi ke depannya. Tanpa kepedulian kita, siapa lagi yang akan peduli. Kita harus kompak menjaga dan mensejahterakan bangsa kita,” jelasnya.

Ijeck juga menekankan betapa pentingnya semangat kepahlawanan pemuda untuk membangun daerah, dan membantu orang lain yang ada di sekitar. “Pemuda sebagai pahlawan hari ini, harus mampu membangun daerah, paling tidak dari lingkungan kita terkecil. Kita bantu orang di sekitar yang memerlukan bantuan, kita harus dapat menjadi pahlawan untuk setiap orang,” ujarnya.