BELAWAN-Jembatan alternatif yang terbuat dari papan dan batang pohon kelapa sebagai pengganti Jembatan Titi Dua Sungai Sicanang yang sedang dalam perbaikan tiba-tiba ambruk.

Dalam kejadian tersebut seorang warga bernama Iskandar yang kebetulan melintas berikut sepedamotor terjatuh ke Sungai Sicanang di Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan. Namun korban dan sepedamotornya dapat diselamatkan warga yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian.

Akibat lain dari ambruknya jembatan tersebut, arus keluar masuk angkutan kota dan sepedamotor serta berbagai jenis kendaraan bermotor ke Pulau Sicanang lumpuh total.

Belum diketahui secara pasti penyebab ambruknya jembatan alternatif yang dibangun pihak kontraktor pelaksana proyek perbaikan Jembatan Titi Dua tersebut. Namun sejumlah warga di antaranya Jaka dan Ari mengatakan, ambruknya jembatan darurat tersebut diduga akibat hantaman arus air sungai yang kencang ketika sedang berlangsung pasang naik dan pasang surut air laut. Soalnya konstruksi jembatan itu tidak kokoh.

"Rubuhnya sekitar jam sepuluh, seorang pengendara sepedamotor terjatuh, korban dan sepedamotornya dapat kami selamatkan, sehingga tidak terbawa arus sungai. Sebenarnya tadi sudah saya anjurkan agar tidak melintas, karena sudah ada tanda-tanda jembatan akan rubuh. Penyebabnya mungkin terjadi pengikisan di bagian bawah tiang penyangga yang tidak kokoh, hanya terbuat dari batang pohon kelapa itu," jelas Jaka.

Warga tersebut juga mengatakan saat kejadian warga yang melintasi jembatan telah sepi karena telah melewati jam sibuk, sehingga korban jiwa manusia maupun yang terluka parah tidak ada.

"Kami berharap pihak terkait segera memerbaikinya, agar kegiatan sehari-hari warga Kelurahan Sicanang, khususnya anak sekolah dapat berjalan normal, tidak seperti saat ini kondisinya sudah lumpuh total," ujar Ari, salah seorang warga Sicanang, Belawan.

Pantauan wartawan, hingga pukul 15.25 WIB belum ada tanda-tanda perbaikan jembatan darurat yang rubuh tersebut.

Sementara itu, puluhan warga baik warga Kelurahan Sicanang maupun warga lainnya tampak berkumpul di lokasi kejadian untuk melihat secara langsung kondisi jembatan alternatif Titi Dua Sungai Sicanang yang ambruk tersebut.