MEDAN - Untuk mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam mengawasi tahapan Pilgubsu 2018, Bawaslu Sumut menggelar aksi blusukan ke Pusat Pasar Petisah di Jalan Nibung Medan serta ke Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) di Jalan Jamin Ginting Medan, Rabu (1/11/2017). Aksi blusukan untuk mensosialisasikan dalam rangka mengawasi tahapan Pilgubsu 2018, petugas Bawaslu Sumut melakukan dialog dengan para pedagang, pengunjung maupun dengan mahasiswa.

Anggota Bawaslu Sumut divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Aulia Andri mengatakan sosialisasi pengawasan tersebut dilakukan dengan menurunkan langsung anggota mereka ke beberapa lokasi seperti pasar tradisional dan kawasan kampus

"Ada dua tempat yang kita datangi yaitu Pasar Petisah dan Simpang Kampus USU. Disana kita langsung observasi pengetahuan masyarakat soal pengawasan dan mengedukasi mereka mengenai peran mereka dalam mengawasi pemilu," katanya.

Aulia menjelaskan, dari hasil survey yang mereka lakukan di lapangan dapat disimpulkan sementara bahwa pengetahuan masyarakat tentang pengawas Pemilu masih minim.

Kemudian bentuk pelanggaran yang mereka ketahui didominasi soal praktik politik uang.

"Dari hasil itu, kami berkesimpulan bahwa keberadaan Bawaslu harus lebih diperkenalkan kepada masyarakat. Dan aturan pengawasan pemilu harua lebih disosialisasikan," ujarnya.

Bawaslu menurut Aulia Andri sangat berharap keterlibatan masyarakat untuk mengawasi Pemilu akan maksimal sehingga pesta demokrasi tersebut akan berjalan sesuai dengan koridor aturan yang ada.

"Kita tagline pengawasannya Gotong Royong Awasi Pemilu, jadi peran serta masyarakat sangat ikut menentukan," pungkasnya.