MEDAN-Kapolrestabes Medan Kombes Pol H Sandi Nugroho, SH,SIK, MHum diwakili oleh Waka Polrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan Atmaja, SIK bertindak sebagai Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Mapolrestabes Medan, Sabtu pagi (28/10/2017) ditandai dengan Pengibaran Sang Merah Putih, mengheningkan cipta.

Lalu pembacaan Teks Panca Sila oleh Irup, Membacaan Pembuaan UUD 1945 dan Butir butir Hasil Kongres Pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda, Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, pembacaan Sambutan Tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga dan ditutup dengan doa.

Bertindak sebagai Perwira penanggung jawab upacara Kapolsek Medan Barat Kompol Revi Nurvelani, SH, SIK. dan personel Polsek sebagai Petugas.

“Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa.”ujar Menpora Imam Nahrawi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Tatan Dirsan Atmaja.

Pada bagian lain disebutkan, kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Untuk itu Menpora mengajak mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Akhirnya Menpora menegaskan, kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Presiden Republik Indonesia, Bpk Ir. Joko Widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia.

Bulan juli 2017 yang lalu, Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden nomor 66 tahun 2017 tentang koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan. Melalui Perpres ini, peta jalan kebangkitan pemuda indonesia terus kita gelorakan.

“Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, kita bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat sumpah pemuda 1928. Saatnya kita berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia,” pinta Menpora.