PADANG LAWAS - Lima pelaku berikut barang bukti mobil truk Mitsubishi colt diesel BK 8478 CD yang terlibat dalam pencurian hewan ternak milik warga di wilayah Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas berhasil diamankan pihak Polsek Barumun Tengah. Kelima pelaku tersebut dimankan pada Rabu (18/10/2017) berdasarkan penyelidikan dan penyidikan kasus LP/80/VII/2017/SU/TAPSEL/TPS BARTENG tanggal 30 Juli 2017, atas nama korban/pelapor Pegang Harahap, yang merupakan Kepala Desa Sialagundi, Kecamatan Huristak, Kabupaten Palas.

Informasi yang diperoleh GoSumut dari Humas Polres Tapsel, Kamis (19/10/2017), kejadian pencurian hewan ternak tersebut terjadi pada 30 Juli 2017 lalu sekira pukul 12.00.

Pegang Harahap (Korban/Pelapor) sedang berada di kebun sawit miliknya di Desa Siala Gundi mendapat laporan dari saksi Sahban Harahap bahwa 2 ekor kerbau milik korban telah hilang dicuri orang. Selanjutnya korban mendatangi lokasi kejadian yang terletak di dalam areal kebun sawit milik Habiaran Harahap di Desa Tanjung Morang, Kecamatan Huristak.

Setiba di lokasi, korban berjumpa dengan Sahban Harahap dan memberitahukan bahwa kerbau milik korban hilang. Kemudian korban berupaya mencari kerbau miliknya di sekitar lokasi, akan tetapi kerbau tersebut tidak ditemukan.

Korban pun melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kepolisian atas hilangannya kerbau miliknya tersebut. Atas kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp56 juta.

Kelima pelaku pencurian tersebut yakni Bonar Harahap (40), warga Desa Siancimun, Kecamatan Halongonan Tengah, Kabupaten Paluta. Mahidup Siregar (40), warga Desa Siancimun, Kecamatan Halongonan Tengah, Kabupaten Paluta. Gusti Hasibuan (19), warga Desa Tanjung Morang, Kecamatan Huristak, Kabupaten Palas. Aherat Hasibuan (35), warga Desa Tanjung Morang, Kecamatan Huristak, Kabupaten Palas dan Edong Harahap (52) warga Desa Rondaman, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Paluta.

"Sampai saat ini, kelima tersangka berikut barang bukti mobil truk Mitsubishi masih kita amankan di Mapolsek Barumun Tengah. Kita akan lakukan pemeriksaan terhadap kelimanya untuk mendalami sepak terjang mereka," ujar Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal.