MEDAN - Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober, Pemko Medan bersama United States Agency for International Development (USAID) IUWASH Plus Regional Sumatera Utara mengadakan kegiatan kampanye gerakan cuci tanga pakai sabun. Kampanye tersebut dirangkai dalam berbagai kegiatan, yang digelar di SD Model Perguruan Al Azhar Medan Jalan Pintu Air IV, Sabtu (14/10/2017).

Dalam kegiatan itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin melatih anak-anak sejak dini mencuci tangan dengan memakai sabun. Sebab, hasilnya akan sangat berarti bagi kelangsungan hidup generasi penerus bangsa ini ke depannya.

"15 Oktober telah ditetapkan PBB sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Artinya, seluruh dunia  melaksanakan gerakan cuci tangan memakai sabun dan air bersih. Kegiatan ini dinilai sebagai salah satu upaya untuk memotivasi jutaan umat di seluruh dunia agar membiasakan diri hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Menurut Eldin, banyak manfaat yang diperoleh dengan mencuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah melaksanakan aktifitas. Antara lain, terhindar penyankit diare dan pneumonia.

Kedua penyakit inilah yang pada umumnya banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

"Kami menyadari tujuan pembangunan kesehatan tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, melainkan juga setiap sektor. Untuk itulah pemerintah meminta kepada seluruh jajaran kecamatan, kelurahan sampai lingkungan selaku ujung tombak pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, supaya mengkampanyekan gerakan cuci tangan pakai sabun ini," ungkapnya.

Sementara, Regional Manajer USAID IUWASH Plus Ir Muhammad Yagi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja pihaknya. Dengan tujuan, terjadinya perubahan perilaku positif kepada generasi penerus agar hidup lebih sehat.

"Dalam kesempatan ini diharapkan juga perubahan perilaku tak hanya cuci tangan pakai sabun, tetapi di rumah masing-masing terdapat tanki septic kedap. Sebab, ini sudah menjadi suatu keharusan bagi masyarakat karena manfaatnya sangat baik," tutur Yagi.

Diutarakannya, dengan menggunakan tanki septic kedap dimaksudkan supaya tidak ada polusi ke dalam air tanah.

"Jangan sampai air yang kita gunakan untuk mencuci tangan, ternyata kotor juga. Apabila hal itu terjadi, maka sia-sia saja," sebut Yagi.