Tapanuli Selatan-Tim pengawas dan Evaluasi (Wasev PJO) TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-100 TA 2017 Kodim 0212/TS dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) yang menjabat sebagai Pati Staff khusus Kasad, Brigjen Rahardjo, Senin (9/10/2017) siang tinjau lokasi TMMD di Tapanuli Selatan (Tapsel).

Didampingi oleh Pabandya I/Opsbak Spaban V/Bakti TNI Sterad Letkol Inf Fesky Dimunangi, berangkat langsung dari Jakarta menuju bandara Pinangsori di Sibolga, Tapanuli Tengah, kedatangan Tim pengawas tersebut lansung di sambut oleh Dansatgas TMMD ke-100 Tapsel yang juga menjabat sebagai Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari bersama rombongan.

Dari bandara Pinangsori, Tim Waves PJO bersama rombongan langsung menuju balai Desa Kantor Camat Sipirok guna memperkanalkan diri kepada pejabat pemerintahan Tapsel, masyarakat, dan juga kepada personil TNI yang bertugas di bawah jajaran Kodim 0212/TS dan juga mendengarkan paparan dari Dansatgas TMMD ke-100 terkait perkembangan pembangunan TMMD tersebut.

Dalam kata sambutannya, Brigjen Rahardjo mengatakan,"Program TMMD ke-100 TA 2017 Kodim 0212/TS ini tak terlepas dari peran serta Pemerintah Daerah (Pemda) Tapsel. Sebab, seluruh biaya pembangunan fisik yang dikerjakan tersebut dibiayai oleh Pemda Tapsel. TMMD yang sekarang ini merupakan lanjutan dari ABRI Masuk Desa, sehingga pembangunan Desa melalui TMMD ini merupakan wujud bakti TNI kepada rakyat, karna TNI sendiri lahir dari rakyat,"sebut pria berbintang satu di pundaknya ini.

Selesai pertemuan di Balai Desa Kantor Camat Sipirok, rombongan Wasev PJO langsung menuju lokasi TMMD di Desa Panaungan dan Pargarutan Luat Harangan, Kecamatan Sipirok, Tapsel. Sesampainya di lokasi pertama yakni Desa Panaungan, disambut hangat oleh warga Desa dan personil TMMD yang bertugas,Tim Wasev tersebut langsung meninjau pembangunan Mesjid Nurul Huda Desa Panangungan yang menjadi salah satu bangunan yang di rehab. Di Mesjid ini, Brigjen Rahardjo berpesan kepada para personil TNI bersama masyarakat yang sedang bekerja.

"Mudah mudahan saudara-saudara ihklas dalam mengerjakan bangunan Mesjid ini, karna Mesjid ini adalah tempat ibadah. Dengan di rehabnya bangunan Mesjid ini, semoga warga di Desa ini bisa lebih khusyuk dalam menjalankan ibadahnya serta semoga Allah memberikan balasan dari amal perbuatan kita dalam menjalankan tugas kita ini," ucapnya terharu.

Selanjutnya, rombongan langsung meninjau pengerjaan pelebaran dan cor rabat jalan di Desa tersebut. Membandingkan kondisi jalan sebelum dikerjakan dengan sesudah dikerjakan, Tim Wasev merasa puas. Sebab, dengan dibenahinya jalan Desa tersebut, maka akan berdampak positif bagi para warga Desa khususnya dibidang perekonomian, dimana, kendaraan yang keluar masuk Desa akan lebih mudah dan lancar terutama untuk pengangkutan hasil pertanian warga.

Dari hasil peninjauan TMMD itu, Tim Wasev PJO dari Mabes TNI AD tersebut merasa bangga akan kinerja personil TNI Kodim 0212/TS. Sebab, berdasarkan anggaran yang dikeluarkan Pemda Tapsel yakni sebesar Rp 700 juta, sudah bisa memanfaatkan pembangunan di dua lokasi Desa TMMD tersebut, Brigjen Rahardjo menambahkan,"Saya bangga kepada Kodim 0212/TS terkait TMMD ke-100 TA 2017 ini. Mengingat pemilihan lokasi yang tepat untuk Desa yang menjadi lokasi TMMD ini, karna bisa dikatakan terpencil, jika dibandingkan dengan TMMD di daerah lain, anggaran yang di kucurkan pemerintah di Desa desa lain tersebut diatas satu milliar. Akan tetapi hasil yang dicapai TMMD di Tapsel ini sangat seimbang manfaatnya dengan TMMD di Desa lain yang anggarannya lebih besar," akhir Rahardjo.