MEDAN - Universitas HKBP Nommensen (UHN) kembali mewisuda mahasiswanya yang telah menamatkan pendidikan jenjang sarjana dan magister. Tahun ini, sebanyak 746 mahasiswa diwisuda di gedung Selecta Jalan Listrik Medan, Jumat (6/10/2017). Pada wisuda tersebut dihadiri seluruh sivitas akademika UHN dan keluarga wisudawan. Turut hadir, Ompu I Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Sekretaris Yayasan UHN Pdt Dr Pintor M Sitanggang, dan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Dr Mahriyuni MHum.

Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau dalam pidatonya mengatakan, UHN saat ini terus memainkan perannya dikancah dunia internasional. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi kemajuan zaman.

"Tidak ada ruang bagi kita untuk sembunyi dari globalisasi. Untuk itu, UHN akan terus melakukan pembenahan menjadi PTS yang bermutu dan bertaraf global," ungkap rektor.

Diutarakannya, sejak awal tahun 2015 UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Oleh sebab itu, Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.

"Kami telah mencanangkan misi 'Goes International', yang dilaksanakan melalui 8 program. Antara lain, (1) pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional," papar rektor.

Dia menyebutkan, berbagai hasil telah dicapai UHN. Selain itu, Nommensen telah menandatangani nota kesepahaman dengan 35 universitas terkemuka di dunia seperti negara Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia.

Sehubungan dengan itu, sambung rektor, Nommensen telah mengirimkan 70 mahasiswanya ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan, Korea Selatan, Malaysia dan Cheko. Bahkan, sejak 3 Februari 2016 yang lalu untuk kuliah selama satu semester atau praktek lapangan di sana.

"Pada saat yang sama, mahasiswa luar negeri juga kuliah di UHN. Selain itu, UHN juga telah memfasilitasi para alumni untuk memperoleh beasiswa S2 di luar negeri. Sebanyak 18 alumni UHN telah kita berangkatkan ke program S2 di Taiwan," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ompu I Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing mengatakan, pendidikan adalah satu-satunya jalan membangun peradaban bangsa yang maju. Tak hanya itu, pendidikan juga cara yang paling ampuh untuk lepas dari kemiskinan, keterbelakangan dan kebodohan.

"UHN telah melakukan tugas pengabdian dalam bidang pendidikan dengan baik. Harapannya, ini terus ditingkatkan lagi," kata Darwin.

Sementara, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Dr Mahriyuni MHum mengatakan, UHN salah satu perguruan tinggi yang sehat dan sangat membanggakan. Sebab, telah menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi dengan baik dan benar.

"Kami memberi apresiasi kepada UHN yang terus melakukan berbagai terobosan bermutu, sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa. Ke depan, UHN yang kini memiliki akreditasi institusi B diharapkan bisa meraih nilai A," tutur Mahriyuni.