MEDAN - Wakil Kepala Lantamal-I Belawan, Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso pimpin upacara HUT ke-72 TNI, Kamis (5/10/2017) di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan Medan.

Pada kesempatan itu, Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso menyampaikan pesan sebagaimana amanat tertulis dari Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Ini sebagai bentuk laporan dan pertanggungjawaban TNI kepada presiden selaku panglima tertinggi, dan seluruh rakyat Indonesia. Menampilkan alutsista terbaru sekaligus melihat langsung kemampuan prajurit sebagai komponen utama ketahanan bangsa," katanya.

Penyelenggaraan HUT TNI, pada hakikatnya menjadi salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban kepada rakyat atas pembangunan kekuatan yang sedang dilaksanakan pada anggaran 2017.

Adapun tema pokok HUT ke-72 ini adalah bersama rakyat kita kuat.

“Makna yang terkandung adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi kesejatian prajurit yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak dinamis," imbuhnya.

"Kekuatan TNI juga bersandar pada rakyat yang adalah aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta membela negara," tandasnya.