MEDAN- Ingin merayakan Cap Go Meh dalam suasana di alam terbuka di tengah pantai? Kunjungi Pantai Bali Lestari yang berada di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Malam ini (4/10/2017) Bali Lestari menggelar perayaan Cap Go Meh yang juga menghadirkan para artis mandarin yang sudah go internasional Denis Boy, Penyelenggara acara festival mengisahkan acara tahun ini dikemas lebih meriah. “Bali Lestari tampil meriah berhiaskan lampion. Lampion sengaja kita datangkan dari Malaysia,”ungkapnya. Selain itu yang tidak kalah seru adalah pesta kembang api.

Pihak Bali Lestari menyulap pantai Bali Lestari dengan suasana chinese style yang kental untuk menghidupkan tradisi Cap Go Meh. “Ini adalah sebuah perayaan yang dinanti-nantikan oleh para Tionghoa khususnya. Sebuah tradisi leluhur yang seharusnya terus kita jaga,”ujarnya.

Denis menghisahkan ada beberapa versi tentang sejarah Cap Go Meh yang akrab disapa mooncake itu. “Tapi kita bisa memetik maknanya. Cap Go Meh itu adalah menikmati kebersamaan, kegembiraan bersama keluarga,”imbuhnya.

Salah satu kisah Cap Go Meh adalah Setiap tanggal 15 malam bulan satu Imlek berdasarkan penanggalan Cina para petani memasang lampion disekeliling ladang untuk mengusir binatang binatang yang merusak tanaman. Suasana itu justru menciptakan  suasana menjadi indah di malam hari  pada tanggal 15 bulan satu. Akhirnya kebiasaan itu terus menjadi tradisi yang tetap lestari hingga hari ini.