MEDAN - Rencana pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur nasional, mulai tampak di Sumatera Utara. Pembangunan di berbagai lini dikerjakan, guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Salah satu yang menjadi fokus pembangunan adalah jalan tol. Hal ini pun, semakin nyata dengan selesainya proyek pembangunan jalan tol Kualanamu-Lubuk Pakam-Sei Rampah.

Rencananya, jalan tol ini akan diresmikan pada 10 Oktober 2017 mendatang.

Peresmian langsung dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desy Arryani saat membuka Festival Jalan Tol, di depan gerbang Jalan Tol Kualanamu.

"Ini bagian dari pengoprasian Jalan Tol Kualanamu sampai Sei Rampah. Rencananya akan diresmikan tanggal 10 Oktober ini. Tapi ya masih tentatif waktunya, kita tunggu saja," ujarnya di depan gerbang pintu tol Kualanamu, Minggu (1/10/2017).

Disampaikannya, jalan tol ini, akan menjadi jalan tol terpanjang di Pulau Sumatera. Untuk jalan Tol Kualanamu-Lubuk Pakam-Sei Rampah, panjangnya mencapai 42 Km.

Jalan Tol Kualanamu Sei Rampah ini, merupakan jalan tol terpanjang se Sumatera, bahkan terpanjang di luar Jawa.

"Ke depannya rencananya Jalan Tol Medan-Kualanamu-Lubuk Pakam-Sei Rampah sampai Tebing Tinggi, akan diresmikam pada kuartal III tahun 2018 mendatang. Ini panjang Jalan Tol Medan ke Tebing Tinggi 61,2 km," ungkapnya.