MEDAN - Polsek Delitua menyambangi pemukiman warga yang terendam banjir di Jalan Luku Lingkungan III, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Jumat (15/9/2017) kemarin sekira pukul 22.00. Dipimpin Kapolsek Delitua Kompol Wira Prayatna bersama Muspika Plus, BPBD Kota Medan, mereka langsung melihat kondisi warga yang mengungsi.

"Meski debit air mencapai lebih kurang 60 sentimeter merendam ratusan rumah warga, namun tidak ada dilakukan evakuasi. Hanya saja, warga mengungsi sementara di Masjid Muttaqin, dan lokasi yang tidak terkena banjir," sebut Kompol Wira.

Kompol Wira menjelaskan, jumlah rumah warga yang terkena dampak oleh banjir sebanyak 175 rumah yang dihuni 200 Kepala Keluarga (KK), dengan total 500 jiwa. Banjir terjadi akibat debit air (curah hujan meningkat disebabkan air gunung (tanah karo) yang tinggi.

Berdasarkan data yang diterima, dari 200 KK yang dihuni 500 jiwa, sebanyak 175 rumah warga terendam banjir tersebar di lima titik. Di antaranya, 75 rumah di Gang Bersama, 25 rumah di Gang Permai IV, 25 rumah di Gang Permai 1, 25 rumah di Gang Dame dan 25 rumah di Gang Jaya.

"Sedangkan jumlah warga mengungsi sementara, selain di Masjid Mutaqqin, juga di Jalan Luku sebanyak 11 KK dengan jumlah 41 jiwa dan tiga balita," terang Kompol Wira.

Untuk tindakan yang dilakukan, petugas Polsek Delitua membantu warga mengangkat barang-barang di rumah korban banjir ke lokasi yang aman, dan petugas Polsek Delitua memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada korban banjir agar sabar menghadapi cobaan.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan bantuan sembako dan minuman mineral kepada korban banjir, yang disaksikan Kepling setempat.