JAKARTA - Tim tenis meja Indonesia bisa bernafas lega memasuki ajang persaingan ASEAN Para Games (APG) IX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berdasarkan hasil klasifikasi, seluruh pemain Indonesia lolos dan bisa turun berlaga untuk mendukung tercapainya target meraih 12 medali emas.

"Kita membawa 31 pemain. Dari jumlah itu ada dua orang yang harus menjalani klasifikasi. Hasilnya ternyata mereka bisa lolos sehingga semua pemain yang kita bawa bisa tampil sesuai dengan kelasnya masing-masing," ucap pelatih kepala tim tenis meja Indonesia, Rima Ferdianto pasca pengklasifikasian di Mitec, Kuala Lumpur, Jumat (15/9/2017).

Dengan kekuatan 31 pemain itu, kata Rima, tenis meja Indonesia bertekad merebut juara umum dari tangan Thailand yang menjadi juara umum pada APG Singapura dua tahun lalu. 

"Untuk bisa juara umum kita mentargetkan minimal merebut 12 emas. Kami memperhitungkan Thailand maksimal merebut 11 emas. Sedangkan Malaysia dua emas. Dengan demikian kita optimis mampu menjadi juara umum," tambah Rima.

Pada perhelatan APG dua tahun lalu di Singapura, cabor ini memperebutkan 37 medali emas, namun kali ini terdapat penurunan menjadi 27 medali emas. Akan tetapi, pengurangan emas itu tidak berpengaruh bagi Indonesia karena Thailand juga terkena dampaknya. 

"Meskipun menargetkan 12 emas, kami masih berharap ada kejutan dari nomor yang hanya diandalkan untuk merebut perak. Mudah-mudahan ada kejutan melesat ke atas dari pemain-pemain yang diproyeksikan untuk perak dan perunggu," tutur Rima dengan nada optimistis.

Dari peta kekuatan yang terus diamati selama persiapan, Rima menilai, persaingan ketat tetap akan terjadi antara Indonesia dan Thailand. Sedangkan Malaysia, Vietnam dan Filipina menjadi ancaman di beberapa nomor saja, sehingga distribusi medali emas tidak akan jauh dari keempat negara tersebut.

Terkait kondisi para pemain asuhannya, Rima mengklaim jika semuanya berada dalam kondisi bagus dan sudah siap bertempur. Kekompakan tim juga sangat menonjol sehingga makin memperkuat tekad untuk menjadi yang terbaik. "Semua bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia," pungkasnya. ***